28.4 C
Indonesia
More

    Jalankan Agroforestry, Dahana Tanam Kopi di Lahan Perusahaan

    LAHAN seluas 1,5 hektar yang ada di area PT Dahana oleh tim unit tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) ditanami 2.300 pohon kopi. Penanaman ini berkolaborasi dengan Kelompok Tani Hutan (KTH) Tangkalna Lestari Abadi. Secara simbolis Sekretaris Perusahaan Dahana, Bayu Angoro melakukapenanaman,Rabu (8/2/2023).

    Ketua TJSL Dahana, Eman Suherman menuturkan, penanaman kopi ini merupakan pelaksanaan program pilar lingkungan tentang penghijauan. Selain itu, pemilihan penanaman kopi juga memiliki tujuan ekonomis, sehingga dalam sekali tanam, terdapat dua manfaat, baik lingkungan maupun ekonomi.

    “Konsepnya adalah Agroforestry, yaitu penanaman dengan sistem tumpang sari di bawah pohon tegakan seperti jati, kamper, dan trembesi. Sementara jenis pohon kopi yang ditanam adalah Arabika Timtim, Yellow Caturra dan Robusta yang totalnya mencapai 2300 pohon. Pemilihan pohon kopi karena selain punya manfaat lingkungan juga dikenal sebagai pohon ekonomis,” ungkap Eman.

    Eman juga mengungkapkan, TJSL terinspirasi dari sistem dual-use of technology yang digunakan oleh Dahana untuk memproduksi bahan peledak komersial sekaligus untuk militer. TJSL dalam menjalankan programnya pun senantiasa berusaha membawa keuntungan ekonomis untuk masyarakat sekitar dalam setiap programnya.

    Selain memberikan 2300 pohon kopi, kegiatan yang turut dihadiri oleh Ketua Kelompok Tani Hutan, Syarif Durahman beserta anggotanya, Dahana juga memberikan pupuk kompos dan obat pertanian, serta sarana produksi pertanian.

    “Kami berharap, kegiatan yang menjadi bagian dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) ini dapat turut berkontribusi pada penghijauan bumi, serta memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Sehingga dapat berdampak kepada Kelompok Tani Hutan agar memiliki pendapatan melalui pengelolaan kebun kopi, tanpa harus merusak lingkungan di sekitar perusahaan,” pungkas Eman.

    Unit TJSL Dahana telah terkenal dengan pemberdayaannya, dengan fokus pada bidang pendidikan, ekonomi, dan pembinaan Usaha Mikro Kecil (UMK). Sebelumnya, Dahana juga turut menghijaukan pantai utara Subang dengan penanaman pohon mangrove, dan menghijaukan lahan di jalan-jalan Subang dengan pohon produktif.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles