25.4 C
Indonesia
More

    Kapolres Subang Pimpin Ops.Keselamatan Lodaya di Jalur Pantura

    HARI pertama Operasi Keselamatan Lodaya 2023 swcara resmi dimulai dan Kapolres Subang AKBP Sumarni memimpin langsung operasi tersebut di jalur Pantura tepatnya Simpang 4 Pasar Sukamandi Kecamatan Ciasem, Subang, Selasa (7/2/2023).

    Dari pantauan galagala.id ternyata sejak pagi terlihat banyak pengguna sepeda motor tidak menggunakan helm. Mereka beralasan jarak yang ditempuh cukup dekat dan hanya menyebrang saja.

    Padahal jalur tersebut cukup rawan kecelakaan lalu lintas dan kerap pengendara motor jadi korbannya. “Saya baru tahu ada operasi dan kalaupun tidak berhelm karena dekat pake motornya,” kata Syntia.

    Kapolres Subang, AKBP Sumarni didampingi Kasat Lantas Polres Subang AKP Lucky dan Kapolsek Ciasem Kompol Dede Suherman mengakui banyaknya pengendara belum sadar menggunakan helm. Terutama ibu-ibu yang banyak dijumpai mengendarai sepeda motor tidak menggunakan helm.

    Oleh karenanya salah satu upaya operasi keselamatan tersebut guna menekan angka kecelakaan lalulintas di tahun 2023. “Operasi ini dengan sasaran para pengedara sepeda motor yang tidak menggunakan helm. Hal ini dilakukan untuk menekan angka fatalitas laka lantas,” katanya.

    Puluhan pengendara yang melanggar pun

    Puluhan pengendara motor tersebut mendapatkan teguran langsung dari Kapolres Subang dan diminta melafalkan pernyataan janji tidak akan melanggar aturan lalu lintas kembali.

    Tak hanya pengendara yang melanggar, pengendara yang tertib juga diberhentikan oleh Kapolres Subang untuk diberi hadiah.

    Kapolres mengajak masyarakat agar mematuhi peraturan berlalu lintas agar selamat pada tempat yang di tuju. “Kami lebih mengedepankan sosialisasi, edukasi dan Kami mengajak seluruh masyarakat sadar dan tertib hukum di bidang Kamseltibcar Lantas,” ujarnya.

    Gelar Pasukan

    Sebelumnnya di halaman Mapolres Subang Kapolres Subang, AKBP. Sumarni S.Ik, S.H, M.H memimpin apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Lodaya 2023 yang diikuti pasukan gabungan TNI, Polri, Dishub, dan Sat Pol PP Kabupaten Subang, termasuk dari Dinkes Kabupaten Subang.

    Pada kesempatan itu Kapolres membacakan kata sambutan Kapolda Jabar, Irjen Pol Sutarman sekaligus mengecek kesiapan para personel dan sarana pelengkap sebelum pelaksanaan operasi keselamatan Lodaya 2023, tentunya hal ini sesuai amanat undang-undang republik Indonesia nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan Polri khususnya polantas bersama pemerintah yang didukung instansi terkait dan pemangku kebijakan Jalan lainnya.

    Selanjutnya, Sumarni juga menambahkan bahwa, untuk terciptanya aman dan kondusifitas tentunya memerlukan upaya dan kerja keras semua pihak, hal ini di lakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

    “Maka dari itu, jajaran Sat Lantas Polres Subang, menggelar operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi operasi selamatan Lodaya 2023 yang digelar serentak di seluruh Indonesia dalam rangka Kamseltibcarlantas dan juga Cipkon, menjelang idul Fitri 1444 Hijriyah tahun 2023. Sementara kegiatan ini digelar selama 14 hari terhitung mulai tanggal 7 Februari sampai dengan 20 Februari 2023,” jelas Kapolres Subang.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles