24.4 C
Indonesia
More

    Nelayan Blanakan Akhirnya Ditemukan 5 Km Titik Awal Tenggelam

    TIM gabungan pencari 2 nelayan yang tenggelam di perairan Laut Jawa tepatnya di wilayah perbatasan Subang Karawang dengan kordinat 6°11’21.0″LS – 107°38’51.6″LBT, Senin (6/2/2023) akhirnya ditemukan terampung sejauh 5 Km dari titik awal korban tenggelam.

    Dua anggota Rescue Damkar Satpoldam Subang pun yang menggunakan kapal boat bersama tim lainnnya langsung turun dan mengevaluasinya. “Betul korban Irfan (25) telah ditemukan sekira pukul07.40 Wib masuk diperairan perbatasan Blanakan Subang dan Cilamaya Karawang dengan kordinat
    6 ° 12′ 37.3″ LS – 107° 39’03.8.2 BT berjarak 5km dari titik awal tenggelam,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Subang, Udin Jazudin melalui Kasi Rehabilitasi, Tommy Hidayat.

    Dengan demikian tim gabungan yang terdiri dari BPBD Subang, TNI AL, Polairud, Rescue Damkar Satpoldam Subang dan Tagana telah berhasil menemukan dalam waktu kurang 24 jam. Sedangkan nelayan satunya lagi merupakan warga Karawang dan hingga kini masih belum ditemukan.

    Sebagaimana diberitakan kemarin, dua nelayan tradisional yang sedang melaut mencari ikan di perairan Laut Jawa diduga hilang di tengah laut wilayah Blanakan, Subang yang berbatasan dengan Karawang.

    Kedua nelayan itu hilang dengan waktu yang berbeda, seorang hilang tenggelam saat memperbaiki baling-baling perahu pada Minggu(5/2/2023), sedangkan seorang lagi tidak diketahui keberadaannya karena yang ditemukan hanya kapalnya.

    Kapolres Subang, AKBP Sumarni melalui Kepala Satuan Polisi Perairan dan Udara (Kasatpolairud), AKP I Wayan Sukadana, Minggu (5/2/2023) membenarkan adanya kejadian ini dan pihaknya telah memerintahkan untuk melakukan pencarian orang hilang atau Nelayan kepada Kanit Patroli AIPDA Agus Wijaya dan ABK Kapal Patroli 1362 Wilayah Patimban.
    “Kami juga meminta sejak adanya laporan nelayan asal Karawang yang hilang kepada Danpal Kapal Patroli 1361, Warim untuk wilayah Patroli Muara Mayangan – Blanakan,”katanya
    Hal ini pun diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Subang melalui Kasi Kedaruratan, Komara Nugraha mengatakan, pihaknya telah mengirimkan tim termasuk Tagana dan Rescue Damkar Satpoldam Subang.

    Ketua Serikat Nelayan Nahdatul Ulama (SNNU) Subang, H.Karya S Zakaria menjelaskan, nelayan yang hilang bernama, Irfan (25) warga Rawameneng RT 09/02 Kecamatan Blanakan. Korban berangkat melaut sekira pukul 05.00 wib bersama kakekn, Karsa serta kerabatnya, Tiar

    Di tengah laut kapalnya rusak bagian baling-balingnya dan korban berusaha memperbaiki namun tenggelam. “Menurut laporan kakeknya, korban berusaha ditolong kerabatnya tetapi tidak berhasil,” katanya dan kejadian ini sekira pukul 10.00 Wib.

    Sebelumnnya, dilaporkan nelayan asal Blanakan, Waskam menemukan kapal berukuran kecil sudah tidak nelayannnya di perairan Blanakan. Setelah dilaporkan ternyata korban nelayan asal Karawang bernama Zakaria. Korban berangkat melaut sendirian pada Senin (2/2/2023) malam sekira pukul 23.00 Wib dan besoknya, Selasa (3/2/2023) sekira pukul 07.00 Wib ditemukan tinggal perahunya.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles