23.4 C
Indonesia
More

    Dahana Gelar Family Safety Support – Off The Job Safety

    Subang,Galagala.Id,-PT Dahana menggelar Family Safety Support – Off The Job Safety yang dihadiri oleh karyawan beserta keluarga. Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang pola pikir dan peran serta keluarga terhadap penerapan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), terutama pada saat diluar pekerjaan atau “Off The Job Safety”.

    Menurut Asisten Manajer K3LH sekaligus Ketua Panitia Bulan K3 Nasional 2024 Dahana, Diana Diah Utami, acara Safety Support ini berlangsung dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada 24 Februari 2024 di Subang yang diikuti oleh operator produksi beserta keluarganya. Sementara sesi kedua dilaksanakan pada 2 Maret 2024 untuk operator dan keluarganya yang berdomisili di Tasikmalaya.

    “Kami dari pihak penyelenggara sangat bangga melihat antusiasme karyawan beserta keluarganya dalam mengikuti kegiatan ini, karena event Familly Safety Support – Off The Job Safety ini baru pertama kali diadakan dengan melibatkan perwakilan keluarga,” ungkap Diana.

    Panitia juga berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara kontinyu kedepannya untuk terus menumbuhkan peran serta keluarga dalam membangun budaya keselamatan baik di lingkungan kerja maupun diluar lingkungan pekerjaan. Selain itu, acara ini juga untuk membangun komitmen dan pola pikir seluruh karyawan untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman.

    Pjs. VP Energetic Material Center Dahana, Dadan Munawar yang menjadi pemateri pada kegiatan Family Safety Support – Off The Job Safety ini. Dadan menerangkan pentingnya peningkatan kesadaran semua karyawan terkait K3 diantaranya sikap dan budaya keselamatan yang perlu dibangun oleh karyawan dan keluarganya pada saat diluar pekerjaan.

    “Seperti tentang bagaimana berkendara secara baik dan benar dengan menaati peraturan, serta memiliki sikap bertanggung jawab, dan disiplin dalam berkendara pada saat pergi dan pulang bekerja,” tutur Dadan.

    Selain itu, faktor penting tentang budaya keselamatan di luar pekerjaan (Off The Job Safety) adalah perihal mengetahui dan mengatasi kelelahan (fatigue). Kelelahan dapat diakibatkan oleh aktivitas fisik yang tidak seimbang/berlebihan, kurangnya jam istirahat (tidur), pola hidup yang tidak teratur serta faktor mental dan stress yang dapat membuat tingkat konsentrasi karyawan menurun yang akhirnya akan mengurangi fokus pada saat bekerja sehingga menimbulkan potensi resiko terhadap keselamatan dan kesehatan kerja.

    Sebagaimana diketahui, Dahana bergerak di sektor industri yang memiliki risiko tinggi, sehingga kondisi tubuh yang sehat dan fokus yang baik menjadi hal yang sangat penting. Peran serta keluarga karyawan dapat menjadi penopang dalam berkolaborasi menumbuhkembangkan terciptanya budaya K3 sehingga keselamatan, kesehatan dan produktivitas karyawan dapat terwujud dan tercapai serta terjaga keberlangsungannya.

    “Tidak ada yang lebih penting dari keselamatan. Oleh sebab itu, bekerjalah dengan aman dan selamat, karena keluarga menunggu kita kembali ke rumah dengan selamat dan sehat. Semoga kegiatan ini bermanfaat, baik untuk karyawan maupun keluarga nya agar kita bersama dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam membudayakan pola pikir dan gaya hidup selamat, aman dan sehat mulai dari rumah, ditempat kerja, sampai dengan kembali ke rumah,” pungkas Dadan.(Rls/Redal)***

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles