22.4 C
Indonesia
More

    Mahasiswa PEP Bandung Kuliah Teknik Pengeboran dan Peledakan ke PT  Dahana

    Subang,Galagala.Id,-Mahasiswa Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) Bandung melakukan Kuliah Teknik Pengeboran dan Peledakan ke PT DAHANA. SM Pelayanan Korporasi Ogi Nugraha menyambut rombongan mahasiswa dan dosen PEP Bandung, di Kampus DAHANA, Subang, Jawa Barat, Kamis, 7 Maret 2024.

    Dalam sambutannya, Ogi Nugraha memperkenalkan sejarah PT Dahana dari mulai pengambilan nama yang berasal dari bahasa sanskerta bermakna api, kelahiran Dahana dari “Proyek Menang” Angkatan Udara Republik Indonesia, hingga perpindahan Kampus dari Tasikmalaya ke Subang.

    “Di atas lahan seluas 600 hektar, Dahana mendirikan berbagai macam fasilitas, seperti pabrik-pabrik bahan peledak, pergudangan, balai pertemuan, serta Kantor Manajemen Pusat yang disingkat Kampus. Meski bukan universitas, kampus Dahana memiliki makna filosofis yang sama yaitu sebagai pusat pengembangan, riset, dan inovasi bahan peledak di Indonesia,” ungkap Ogi.

    Dahana bergerak di lini bisnis yang berhubungan dengan bahan peledak seperti pertambangan umum, kuari & konstruksi, serta migas & militer dengan layanan One Stop Explosive Solutions, dari mulai drilling & blasting, loading & hauling, handling, pergudangan, hingga pemusnahan bahan peledak.

    Selain itu, sebagai kiblat bahan peledak Indonesia, Dahana turut dikenal sebagai perusahaan dengan fasilitas bahan peledak terlengkap di ASEAN. Jobsite Dahana tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, serta produk-produk bahan peledak hasil rekayasa Energetic Material Center (EMC) Dahana dipercaya oleh konsumen dari mancanegara.

    Ketua Prodi Teknologi Pertambangan PEP Bandung Rochsyid Anggara menyampaikan bahwa kedatangan mahasiswanya kali ini adalah untuk belajar secara langsung kepada ahli tentang proses pengeboran dan peledakan.

    “Terima kasih kepada Dahana yang telah memfasilitasi Mata Kuliah Teknik Pengeboran dan Pertambangan. Ini merupakan kali kedua kami melakukan kuliah lapangan ke Dahana, semoga mahasiswa dapat mengikuti kegiatan dengan khidmat, sehingga dapat membawa pulang ilmu yang berguna untuk nanti di dunia kerja,” ujar Rochsyid Anggara.

    Usai mendapatkan pemaparan dari tim Dahana di class room, para mahasiswa berkesempatan mengunjungi kawasan Energetic Material Center untuk uji produk non electic detonator serta melihat proses produksi di pabrik cartridge emulsion.(Rls/Redal)***

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles