29.4 C
Indonesia
More

    Bupati Subang ‘Reugreug’ Situ Sukamelang Mulai Tertata

    SITU Sukamelang yang berlokasi tidak jauh dari pusat kota, kini sudah mulai tertata dan tidak mengeluarkan bau tak sedap akibat tertutup eceng gondok dan sampah.

    Bahkan begitu lewat sudah diberi nama dan dipagar oleh BWWS serta mulai resik jalan dan dalam waktu dekat ada rumah makan serta kedai. “Di sini kita buat tempat cuci motor dan mobil serta kedai kopi,” kata tokoh masyarakat Kelurahan Sekamelang, H.Hasanudin saat menerima rombongan Bupati Subang yang telah bersepeda keliling Kota Subang, Jumat (20/01/2023).

    H.Hasan menyebutkan, lokasi yang sedang dibangun merupakan bekas tempat pembuangan sampah. Namun atas seijin PJT dan BBWS nantinya jadi satu satunya tempat untuk kesejahteraan DKM. “Kita sedang berusaha menjadi pioner untuk kesejahteraan masjid terdekat,”ujarnya.

    Bupati Subang, H.Ruhimat yang akrab disapa Kang Jimat didampingi Sekda, Dandim, Kapolres dan beberapa Kepala Dinas dan Badan mengaku gembira dan reugreug karena Situ Sukamelang sudah mulai ada perubahan. “Jadikan situ jadi destinasi wisata lokal. Sebab Pemkab. Subang pun sekuat tenaga sedang menata Kabupaten Subang agar menjadi lebih baik. Tahun ini akan dibangun alun-alun Subang,”ujarnya.

    Kang Jimat berharap kegiatan gotong royong dapat terus dilaksanakan oleh seluruh masyarakat utamanya dalam menjaga lingkungan masing-masing.
    “Jangan karena ada Bupati kesini bawa sapu. Yuk dari diri kita masing-masing menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab masing-masing, sampah jangan dibuang ke Situ. Mari Bertanggung jawab untuk mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Subang. 2 minggu sekali dilakukan kerja bakti agar lingkungan terjaga dengan baik,”pungkasnya.

    Sebelumnya Bupati Subang, H. Ruhimat bersepeda bertajuk ‘Sasapu’ atau Sasapedahan Sapa Publik dan dimulai dari Rumah Dinas Bupati Subang menuju Pasar Pujasera sekaligus dilakukan peninjauan Gedung Bioskop Lama Subang yang rencananya akan segera dibongkar agar bisa dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat.

    Kang Jimat bersama rombongan melanjutkan perjalanan melewati Gang Panglejar sampai ke Pasar Panjang Subang. Di Pasar Panjang Kang Jimat menyempatkan diri menyapa warga yang sedang berada di pasar dan meninjau ketersediaan dan harga kebutuhan pokok.

    Usai menyapa warga di Pasar Panjang, Kang Jimat dan rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju check point selanjutnya yaitu Situ Sukamelang di mana di jalan sepanjang Situ Sukamelang tengah dilakukan kerja bakti secara bergotong royong oleh warga dan siswa sekolah. Kang Jimat dan rombongan beristirahat sejenak di Situ Sukamelang bersama Lurah se-Kecamatan Subang sambil berdiskusi terkait permasalahan dan kebutuhan masyarakat utamanya di wilayah Kecamatan Subang.

    Plt.Camat Subang, Sumardi S.STP.,M.AP berkomitmen kegiatan serupa akan terus dilakukan demi menjaga lingkungan di Kecamatan Subang sekaligus mewujudkan rencana Situ Sukamelang sebagai destinasi wisata yang bersih dan nyaman.
    “Acara ini akan terus digalakkan agar lingkungan Kota Subang terjaga. Terima kasih Kang Jimat yang berkenan menyapa warga kami. Situ Sukamelang insya Allah akan jadi destinasi wisata, jadi harus dibersihkan,”katanya.

    Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kepada anak stunting dan santunan bagi kaum lansia yang berada di Kelurahan Sukamelang oleh Kang Jimat didampingi Kapolres Subang, AKBP Sumarni dan Dandim 0605 Subang, Bambang Raditya.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles