23.4 C
Indonesia
More

    Bayar Tol Tanpa Sentuh Bakal  Diterapkan di Jalan Tol Indonesia


    ASOSIASI  Jalan Tol Indonesia (ATI) memastikan berpartisipasi aktif
    dalam program modernisasi sistem transaksi tol melalui penerapan sistem pembayaran tanpa sentuh Multi Lane Free Flow (MLFF) di jalan tol Indonesia, sebagai upaya peningkatan layanan dan mengurangi potensi kepadatan di gerbang tol.

    Seketaris Jenderal ATI, Kris Ade Sudiyono, mengatakan bahwa pada prinsipnya seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di Indonesia sedang terus berdiskusi dan
    merumuskan langkah-langkah strategis bersama Pemerintah dan Badan Usaha Pelaksana (BUP) terpilih, dalam mendukung penerapan sistem pembayaran nontunai nirhenti berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF), yang implementasinya harus
    direncanakan dengan baik, cermat, matang dan waktu yang cukup.

    Peningkatan pelayanan di jalan tol dengan sistem pembayaran transaksi tol non-tunai yang telah kita mulai sejak penggunaan uang elektronik pada tahun 2017 lalu, sudah tepat dan tentu saja siap untuk dimodernisasi dan dikembangkan dengan teknologi yang lebih baik berbasis tanpa henti dan nirsentuh,” ujarnya dikutip dari keterangan resmi yang diterima, Rabu(14/12/2022).

    Kris menambahkan, ada sejumlah aspek yang saat ini masih sedang terus didiskusikan dengan pihak PT Roatex Indonesia Toll System (RITS), BUP MLFF terpilih, bersama Pemerintah. Selain memastikan pengembangan sistem dan konfigurasinya memenuhi standar kriteria pengembangan sistem MLFF terbaik, pemilihan teknologinya harus menjamin pelayanan jalan tol di Indonesia tetap andal, memenuhi unsur reliability, availability, maintainability serta safety. Proses bisnis penerapan sistem MLFF ini harus memastikan 100% collectability atas tarif tol yang dibayarkan oleh pengguna jalan tol.

    Pengoperasian MLFF berbasis sistem Global Navigation Satellite System (GNSS), yang akan merekam data koordinat dan nomor polisi kendaraan pengguna jalan tol, juga harus didukung dengan penyiapan perangkat dan aturan hukum yang memadai. Tidak hanya itu, hal tersebut juga harus ditunjang dengan proses edukasi dan komunikasi publik yang masif dan komprehensif
    kepada pengguna jalan tol atas perubahan paradigma cara bertransaksi tanpa henti
    dan nirsentuh di jalan tol.

    Untuk mendukung pengembangan sistem MLFF ini, ATI bersama berbagai konsultan  terbaiknya, telah dan akan terus koordinasi dengan semua pemangku 
    kepentingan lainnya untuk memastikan tahapan modernisasi sistem transaksi tol  berbasis sistem pembayaran tanpa sentuh Multi Lane Free Flow (MLFF) di jalan tol   Indonesia, berjalan dengan baik.

    “Sistem MLFF yang akan dipasang di seluruh jalan tol Indonesia harus memenuhi  service level agreement terkait waktu dan ketepatan transaksi pengguna jalan tol, dan  memastikan pengguna jalan juga harus terbebaskan dari biaya tambahan dengan  adanya penerapan sistem MLFF ini,” tambahnya. 


    Ketua Bidang Kebijakan Komunikasi Publik ATI, Banu Setianto dibagian lain menjelaskan, sebagai mitra Pemerintah, ATI memiliki visi dan semangat yang sama dengan   Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dalam berbagai ikhtiar  peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan tol, termasuk yang terkait dengan 
    modernisasi sistem transaksi jalan tol melalui pemanfaatan teknologi electronic toll  collection ini.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles