28.4 C
Indonesia
More

    Banjir Pantura, Bupati Bakal Datangi BNPB Pecahkan Solusinya

    CIASEM, galagala.id,- Banjir di wilayah Pantura, terutama di Kecamatan Ciasem dan Blanakan, Sukasari dan Pamanukan termasuk wilayah kecamatan lainnnya diperlukan penanganan husus dalam meminimalisirnya. Jangan sampai terjadi setiap tahun dan terus terulang.

    “Makanya besok kami akan datang ke BNPB untuk memecahkan persoalan banjir di Pantura ini, ” kata Bupati Subang, H.Ruhimat didampingi Asda I, H.Rahmad Ependi dan Kalak BPBD, Udin Jazudin yang berada di Posko Bersama sekaligus Dapur Umum di Pasar Ciasem, Subang, Selasa (28/2/2023) malam.

    Menurut Bupati yang akrab disapa Kang Jimat, persoalan banjir di Pantura ternyata memerlukan penanganan husus dengan peralatan yang besar seperti normalisasi, perbaikan tanggul dan lainnnya. Sebagaimana yang terjadi saat ini disebabkan karena sungai yang dangkal dan tanggul yang sudah lapuk.

    Pada kesempatan itu pun Kang Jimat telah memerintahkan Sekda Asep Nutoni menyediakan dapur umum untuk keperluan para pengungsi yang berada di beberapa titik di 3 desa kecamatan Ciasem. Selain itu mengunjungi para warga dan menyerahkan bantuan melalui Camat Ciasem, Eza. “Banjir sekarang cukup besar di 3 desa, Dukuh, Ciasem Tengah dan Ciasem Hilir,” kata Camat.

    Demikian pula di wilayah Blanakan, seluruh desa di sana terdampak banjir walaupun ketinggian air bervariasi. Hingga malam ini Bupati masih di lokasi dan dapur umum pun sudah mulai didirikan.

    Sebelumnya Kapolres Subang AKBP Sumarni bersama Dandim 0605/Subang Letkol Inf Bambang Raditya memberi bantuan sembako dan makanan siap saji kepada korban banjir di Desa Ciasem Hilir, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang.

    “Curah hujan yang tinggi, kita khawatir debit air semakin tinggi atau banjir lebih tinggi. Makanya, masyarakat yang terdampak banjir dievakuasi ke tempat aman,” ujsrnya.

    Pihaknya pun bersama-sama mengecek masyarakat yang mengungsi dan kondisi tempat tinggal pengungsi. Pihaknya pun bersama Kodim 0605/Subang dan BPBD Subang patroli di lokasi banjir. “Kita patroli untuk menyisir warga belum mengungsi dan tempat tinggal mereka supaya tidak jadi korban kriminalitas,” ujarnya.

    Sementara itu, Letkol Bambang Raditya menambahkan Kodim 0605/Subang bersama Polres Subang dan BPBD Subang berupaya untuk membantu masyarakat yang mengungsi akibat banjir.

    “Kita menerjunkan personel Kodim dan Koramil yang dibagi di beberapa titik termasuk tenaga kesehatan karena masyarakat mulai terkena penyakit. Kita pun menyuplai makanan kepada pengungsi,” ucapnya.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles