21.4 C
Indonesia
More

    Terbentuk WAPA di Desa Padamulya, Cipunagara

    SEKRETARIS Daerah (Sekda)Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, S,Sos, M.Si membuka pelatihan sekaligus mengukuhkan pembentukan Warga Peduli Aids (WAPA) di Desa Padamulya Kecamatan Cipunagara Kabupaten Subang, Selasa( 25/10/ 2022).

    WAPA merupakan wadah peran serta masyarakat untuk melakukan penanggulangan HIV/AIDS. Program Warga Peduli AIDS ini dibentuk oleh Komisi Penanggulangan AIDS di tingkat kecamatan/desa, dusun/kampung, rukun warga, dan rukun tetangga.

    Sekda Subang selaku Ketua Pelaksana Harian Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Subang menyambut baik dengan adanya kepedulian dari warga Padaasih untuk ikut bersama menanggulangi wabah penyakit’HIV/Aids.

    Sebab dalam perkembangannya di Kabupaten Subang sejak kasus ditemukan tahun 1999 sampai dengan akhir tahun 2021 mencapai 2.536 kasus. Secara umum wabah ini ditularkan melalui hubungan beresiko sebesar 73% dan melalui hubungan sesama jenis atau hubungan homo seksual.

    Data Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Subang juga menunjukan adanya kecenderungan kenaikan kasus pedonor pengidap HIV dan SIFILIS.

    Kang Asep sapaan akrab Sekda mengimbau dengan adanya program pelatihan dan pembentukan WAPA bisa mengendalikan dan menciptakan penanganan yang serius dan komperhensif untuk penanganan HIV/AIDS di Kabupaten Subang.


    “Saya yakin, bersama peran aktif dari semua elemen masyarakat, instansi pemerintah, swasta, lembaga pendidikan, tokoh masyarakat yang secara konsisten dan berkesinambungan, kita bisa cegah dan kendalikan IMS, HIV dan AIDS di Kabupaten Subang ini dengan baik, sehingga Insya Allah kita bisa mewujudkan Subang Jawara lahir bathin,”ungkapnya.

    Turut hadir dalam megiatan tersebut KABID P2P Dinas Kesehatan Subang, Camat Cipunagara, Kepala Puskesmas Cipunagara, Pengurus KPA Kab Subang, Kades Padamulya, dan para peserta pelatihan dan kepengurusan (WAPA) Desa Padamulya.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles