29.4 C
Indonesia
More

    Rangkaian ke 77 HUT TNI AU, Lanud Suryadarma Sumbang Darah 231 Labu

    Galagala,Id, Kalijati,- Dalam rangka peringatan ke 77 Hari TNI Angkatan Udara Tahun 2023, Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Suryadarma bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Subang menggelar Kegiatan donor darah di tribun lapangan dirgantara Lanud Suryadarma. Jumat (28/04/2023).

    Ternyata hasilnya cukup menggembirakan karena dari 241 calon pendonor yang hadir dan terdaftar hanya 10 orang tidak memenuhi syarat, karena tensi dan Hb tinggi dan rendah. “Kita berterimah kasih kepada jajaran TNI AU yang ada di Lanud Suryadarma, terutama kepada Danlanud, Marsma TNI Sri Duto Dhanisworo yang luar biasa bisa menyumbang 231 labu,”ungkap Ketua PMI Subang, H.Komir Bastaman didampingi Kepala UTD, dr.H.Achmad Nasuhi dan Wakil Ketua PMI Bid.Yankesos, dr.H.Mugia Nugraha.

    Menurut H.Komir, pihaknya sejak bulan puasa dan pasca lebaran ini selalu kekurangan stok sehingga keluarga pasien harus berdonor keluarga dan mencari pendonor sukarela.” Dengan adanya sumbangan dari Lanud ini semoga cadangan dan mempermudah keluarga pasien yang harus ditranfusi,” jelasnya. Hanya saja untuk golongan darah tertentu biasanya masih langka seperti AB. “Tadi saja dari sekian ratus hanya sebelas labu,”pungkas H.Komir.

    Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Suryadarma, Marsma TNI Sri Duto Dhanisworo, S.A.P., M.Si., beserta ketua PIA Ardhya Garini Cab 5/ D I Lanud Suryadarma Ny Lina Duto, Komandan Wing 8 Lanud Suryadarma para Kepala Dinas serta pengurus PIA hadir tampak ikut berpartisipasi bersama pendonor lainnya.

    “Donor darah ini selain bertujuan untuk bakti sosial membantu sesama tentunya juga baik untuk kesehatan kita, dengan diambilnya darah kita maka sel darah baru akan terbentuk dengan sendirinya, saya ucapkan terimakasih kepada rekan-rekan UTD PMI Subang yang telah berkenan membantu kegiatan donor darah dalam rangka peringatan ke 77 Hari TNI Angkatan Udara tahun 2023, ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada seluruh pendonor yang sudah secara sukarela mau berbagi dengan memberikan darahnya kepada sesama yang membutuhkan untuk kelangsungan hidup maupun keselamatan,” ungkap Danlanud.

    Kepala Rumah Sakit dr Hoediyono Lanud Suryadarma, Kapten Kes dr.Dessy Ekayusnita, Sp.THT-BKL menyampaikan, kegiatan donor darah ini diikuti dengan sangat antusias, meskipun ada beberapa personel yang tidak bisa mendonorkan darahnya karena alasan medis tertentu. Untuk donor darah kali ini mendapatkan 200 kantong darah. Dengan harapan bahwa dari kegiatan bakti sosial donor darah ini dapat membantu ketersediaan kantong darah UTD PMI Kabupaten Subang.

    Kegiatan donor darah ini juga di ikuti oleh jajaran TNI Angkatan Udara yang berada di lingkungan Lanud Suryadarma antara lain Depohar 90, Wingdik 300 Tek, Skadik 105, Skadik 303, Skadik 502, Kompi C Senapan Pasgat serta perwakilan dari PPAU.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles