23.4 C
Indonesia
More

    PT TKG Taekwang Indonesia Beri Dispensasi Karyawan Terdampak Sadawarna

    PASCA penggenangan Bendungan Sadwarna yang berlokasi di wilayah Kecamatan Cibogo, Subang sejak awal bulan Desember 2022 silam. Ternyata diketahui ada dampak terhadap beberapa titik akses jalan, sehingga ada yang harus menggunakan perahu dan atau  berkeliling. Akibatnya banyak warga, terutama karyawan yang bekerja di PT TKG Kaekwang Indonesia kesiangan masuk kerja.

    Pekerja yang semula menggunakan kendaraan pribadi maupun carteran, terutama dari wilayah Surian, Sumedang tidak bisa dilalui karena terputus, terendam air. Sedangkan yang dari wilayah Desa Cibalandong Kecamatan Cijambe, Subang masih bisa mengitari jalan lain. “Untuk wilayah kita tidak ada yang menggunakan perahu karena bisa melalui jalan lain, walaupun harus ditempuh lebih lama sekira 30 menitan lebih dibandingkan jalan sebelumnnya, “kata Kapolres Subang, AKBP Sumarni melalui Kapolsek Cibogo, AKP Ikin Sodikin, Senin (12/12/2022).

    Ikin menyebutkan, kaluar jalan dari Desa Cibalandong maupun Desa Sadawarna sudah terendam hampir  20 meter. Untuk itu warga masyarakat bisa menggunakan jalur alternatif, Jalan Cibalandong – Depan kantor Pemda Subang dengan jarak 19 km, dan itu layak guna, dengan kondisi 90% mulus, tentunya kondisi jalan pun dengan perkerasan Aspalt.

    “Untuk Lebar jalannya sekitar 4 sampai 6 meter, memang untuk melewati jalan ini, waktu akan lebih lama 30 menit dari pada jalan biasa yang digunakan,” jelas Kapolsek Cibogo dan tentunya melalui jalur itu memerlukan kewaspadaan bila sedang hujan turun. “Sekarang sedang dibuatkan jalan lingkar namun belum bisa dipergunakan karena panjangnya 9,9 km,”pungkasnya.

    Demikian pula di wilayah hukum Polres Sumedang dibenarkan oleh Kapolresnya, AKBP Indra Setiawan melalui Kasi Humas, AKP Dedi Juhana mengatakan, kalau jalan Desa Suriamedal Kecamatan Surian mrupakan jalan penghubung dan akses keluar masuk Sumedang-Subang serta Indramayu. “Setelah penggenangan akses jalan tersebut menjadi terputus, karena jalan tersebut termsuk dalam kawasan yang tergenang, “ujarnya kepada wartawan.

    Untuk itulah pihak terkait, sedang membuat jalur lingkar sadawarna yang saat ini masih dalam tahap pembangunan sehingga belum dapat dilalui. “Untuk membantu aktivitas masuarakat, Polsek Surian bekerjasama dengan Koramil Surian membantu masyarakat untuk menyebrang dengan menggunakan perahu karet yang sudah disediakan oleh pihak BBWS, “ujarnya.

    Beri Dispensasi

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles