23.4 C
Indonesia
More

    Kenalkan Maskot & Jingle                                     KPU Jabar Mulai Tahapan Pilgub Jabar

    Penjabat (Pj) Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si,.MA.Cd., hadir dalam peluncuran pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2024, bertempat di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga),  Bandung. Senin( 27/Mei 2024 malam

    Bandung,Galagala.Id,-KPU mengenalkan maskot untuk Pilgub Jawa Barat (Jabar) 2024 yaitu sepasang harimau bernama Sili dan Wangi. Maskot ini, sekaligus menandai tahapan Pilkada di Tanah Pasundan yang akan dimulai 183 hari lagi.


    “Maskot Pilkada Jabar 2024 adalah Sili dan Wangi yang merupakan perpaduan dari Siliwangi, harimau bara asli dari Jabar. Kami ingin menunjukkan kegagahan, kekuatan dan keramahan dari masyarakat Jawa Barat,” kata Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni

    Sili dan Wangi merupakan pasangan harimau, di mana Sili adalah harimau jantan dan Wangi menjadi harimau betina. Keduanya menggambarkan sosok Bara (Jawa Barat), seekor harimau loreng yang sudah punah habitatnya.

    Dari sisi historis, harimau merupakan lambang kekuatan dan keberanian yang telah menjadi simbol Provinsi Jawa Barat dan digunakan oleh TKR Divisi Siliwangi (GZ) atau kini dikenal dengan sebutan Kodam III Siliwangi.

    Bara memiliki warna bulu yang dominan kuning dengan garis-garis hitam yang  mencolok. Hal itu melambangkan keindahan alam Jawa Barat yang subur dan beragam. Dalam visualnya, Sili dan Wangi memakai pakaian tradisional Sunda khas Jawa Barat dengan logo KPU dan ikat kepala totopong atau udeng Sunda dengan pin Kujang.

    Sili dan Wangi juga mengenakan kalung perak hiasan tradisional Sunda yang menggambarkan kekayaan budaya dan seni tradisional yang dimiliki oleh masyarakat Jawa Barat.

    Meskipun Bara adalah seekor harimau yang dikenal sebagai hewan buas, namun Sili dan Wangi digambarkan dengan harimau lucu dan ceria. Keduanya juga memegang paku sebagai simbol alat untuk mencoblos surat suara yang melambangkan keramahan dan semangat untuk mengajak masyarakat melaksanakan pemilihan umum.

    Ummi juga mengatakan, Sili dan Wangi menjadi gambaran kekayaan budaya di Jabar. Meski sedang melaksanakan pesta demokrasi, ia berharap warga di Tanah Pasundan tetap menjaga kondusivitas yang ada.

    “Kami ingin mengembalikan budaya demokrasi di Jabar. Saling asah, saling asih dan saling asuh, saing menghargai di dalam perbedaan, saling menyayangi membawa Pilkada Jabar untuk secara riang gembira,” ucapnya.

    Di tempat yang sama, Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin berpesan jika Pilkada bukan hanya momentum pergantian kepemimpinan. Ia menginginkan Pilgub di Jawa Barat bisa  menjadi sarana partisipasi masyarakat dalam berdemokrasi.

    “Dan setiap warga negara berhak memilih pemimpin yang membawa perubahan positif dan kemajuan. Kepada seluruh masyarakat Jawa Barat, gunakan hak pilih dengan bijak. Partisipasi aktif sangat penting untuk menentukan masa depan Jawa Barat,” katanya.

    Komisioner KPU RI Idham Holik menambahkan, Jabar bisa menjadi inspirator dalam pelaksanaan Pilkada untuk daerah lain di Indonesia. Sebab, Jabar punya jumlah pemilih terbanyak yang tercatat di DPT mencapai hampir 36 juta jiwa.

    “Peluncuran tahapan penyelenggaraan Pilgub Jawa Barat ini tidak sekadar kita maknai sebagai pemenuhan informasi untuk masyarakat, tetapi juga sebagai komitmen kita meningkatkan kualitas partisipasi masyarakat Jawa Barat,” pungkasnya.

    Pj Bupati


    Penjabat (Pj) Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si,.MA.Cd., hadir dalam peluncuran pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2024, bertempat di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Kota Bandung. Senin, 27 Mei 2024.

    Ummi wahyuni ketua KPU Jawa Barat dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemilu di Jawa Barat akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 27 November 2024 dengan mengangkat Tema ‘Pilgub Jawa Barat 2024 sebagai inisiasi budaya demokrasi’.
    “Kami ingin mengembalikan budaya demokrasi.

    Agenda dilanjutkan dengan simbolis peluncuruan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2024 dengan pemukulan gendang secara bersama sama oleh Pj. Gubernur Jawa Barat, Ketua KPU Provinsi Jawa Barat beserta jajaran KPU dan Forkopimda Jawa Barat.

    Selanjutnya, dilaksanakan pula launching Jingle KPU Provinsi Jawa Barat dengan judul ‘Suara untuk Jawa Barat’ dan launching Maskot KPU Jawa Barat yang berupa dua macan yang bernama ‘Sili’ dan ‘Wangi’(Redal)**”

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles