24.4 C
Indonesia
More

    Assyifa Peduli Tunaikan Amanah Para Donatur, 815 Warga Terdampak Longsor Subang dapat Bantuan


    Subang,Galagala.Id,-Assyifa Peduli telah menyalurkan bantuan kepada warga terdampak bencana longsor yang terjadi di Kampung Cipondok, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Subang.

    Penyaluran bantuan sendiri dimulai dari tanggal 8 hingga 16 Januari lalu, Bantuan yang diberikan Assyifa Peduli berupa makanan cepat saji, air bersih, perlengkapan kebersihan dan sanitasi, serta kebutuhan pokok lainnya kepada warga terdampak di berbagai wilayah. 

    Kepala Program ZIS Assyifa Peduli, Ikhsan Nuryamin, S.Kom dalam siaran persnya menjelaskan,  kalau pihaknya begitu mendengar kabar adanya bencana longsor ini timnya bergerak langsung memberikan bantuan ke lokasi dan mendirikan posko di sana. 

    “Sebelumnya, kami turut mendoakan yang terbaik untuk warga di Cipondok. Alhamdulillah hingga saat ini kami telah menyediakan peralatan kebersihan dan multivitamin bagi warga yang saat itu berada di lokasi evakuasi. Dengan menyediakan kebutuhan hygiene kit untuk balita, anak-anak dan orang dewasa, diharapkan bisa menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitar pengungsian,”jelasnya.

    Selain itu, kata Ikhsab, pihaknya memberikan makanan cepat saji berupa 108 kaleng berisi rendang sebagai bantuan pangan untuk pengungsi. Sementara itu, kami juga memberikan santunan kepedulian atau ta’awun bagi keluarga korban meninggal.

    6 Tangki Air Bersih

    Selain kerusakan di lokasi bencana, longsor ini berdampak pada beberapa sektor khususnya penyediaan air bersih karena di mata air Cipondok lokasi bencana longsor tersebut merupakan salah satu sumber air bersih milik PDAM sebagai penyalur ke beberapa wilayah di Kabupaten Subang. Sehingga, Assyifa Peduli turut berpartisipasi dalam penyediaan air bersih untuk masyarakat terdampak. 

    “Warga terdampak berhentinya aliran air PDAM ini tersebar di Kecamatan Jalancagak, Kasomalang, dan Cisalak. Sehingga, setelah mengetahui data wilayah mana saja yang paling membutuhkan air bersih, kami bergerak langsung ke lokasi untuk menyalurkan air bersih ini. Alhamdulillah, sebanyak 6 mobil tangki air atau sebanyak 48.000 liter air bersih telah disalurkan diantaranya ke warga di Desa Kasomalang Wetan, Darmaga, dan Sindangsari. Hingga kini, bantuan telah disalurkan ke 815 penerima.

    Pihaknya Insyaa Allah Sabtu mendatang kami akan menyalurkan sebanyak 16.000 liter air bersih kepada warga terdampak di wilayah Bunihayu dan Tambakan,” papar Ikhsan. 

    Sementara itu, Direktur Assyifa Peduli, Ahmad Sahirul Alim, M.A., berharap dengan hadirnya Assyifa Peduli untuk membantu kesulitan masyarakat dapat memberikan manfaat yang besar dan tentunya mendatangkan kebaikan untuk para donatur. 

    “Kami turut mendoakan dan berduka kepada korban langsung dan terdampak akibat longsor. Alhamdulillah dengan sigap kita menurunkan tim tanggap bencana untuk membantu dan membuka posko hingga permasalahan ini benar-benar selesai. Sehingga, kami bergabung dengan posko dapur umum yang sudah ada untuk lebih efektif dalam penyediaan makanan. Kemudian kami juga mendapat aduan kesulitan air, alhamdulillah juga telah kami tangani dengan menyalurkan air bersih ke beberapa daerah. Maka, harapan kami korban dampak longsor bisa segera tertangani dengan cepat agar Masyarakat bisa hidup normal kembali dan kami berpesan mari kita saling bantu membantu agar masalah ini cepat tertangani. Insyaa Allah kami menerima titipan kebaikan para donatur yang dapat disalurkan langsung ke kantor kami di Assyifa, Tambakmekar, Jalancagak, maupun melalui online di aksipeduli.id,” ungkapnya.

    Seperti diketahui, bencana longsor ini telah menelan dua korban jiwa. Keduanya yakni Oom Komariah (50) serta Dana (30) yang merupakan warga sekitar. Longsor ini terjadi usai curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Subang pada Minggu (7/1/2024) lalu.(Redal)***

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles