23.4 C
Indonesia
More

    Persiapkan 7 Dokumen Penting Ini! Seleksi CPNS dan PPPK 2024 Segera Dibuka….

    Jakarta,Galagala.Id,- Bagi Anda yang tengah menunggu pembukaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), bersiaplah dari sekarang.

    Pemerintah menargetkan proses pendaftaran untuk rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2024 akan dibuka pada Juni atau Juli mendatang.

    Informasi ini disampaikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas dalam konferensi pers pengadaan ASN 2024 pada Jumat (3/5/2024) lalu.

    “Pelaksanaan seleksi CASN tahun 2024, rencananya akan dilaksanakan mulai bulan Juni atau Juli setelah instansi menerima Surat Keputusan Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan/formasi pegawai ASN,” kata Anas dari laman Kemenpan RB.

    Tahun ini, pemerintah menyediakan formasi sebanyak 1.289.824 posisi yang terbagi menjadi 427.650 formasi instansi pusat dan 862.174 formasi instansi daerah. Sebanyak 71.643 formasi akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan rincian 14.114 CPNS dan 57.529 PPPK.

    Untuk mengikuti seleksi CPNS dan PPPK 2024, tentunya calon pelamar harus memenuhi sejumlah persyaratan dan melengkapi dokumen pendaftaran yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar dokumen yang perlu disiapkan:

    1. Pasfoto berlatar belakang merah ukuran maksimal 200 Kb dengan format jpeg/jpg
    2. Swafoto ukuran maksimal 200 Kb dengan format jpeg/jpg
    3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) ukuran maksimal 200 Kb dengan format jpeg/jpg
    4. Ijazah ukuran maksimal 800 Kb dengan format pdf
    5. Sertifikat Pendidik (Serdik) atau Surat Tanda Registrasi (STR) ukuran maksimal 800 Kb dengan format pdf
    6. Transkrip nilai ukuran maksimal 500 Kb dengan format pdf
    7. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis formasi dan instansi yang dilamar

    Calon pelamar juga harus memenuhi syarat-syarat tertentu untuk bisa mengikuti seleksi CPNS dan PPPK 2024.

    Untuk CPNS, syarat utamanya adalah berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, tidak pernah dipidana dengan pidana penjara, tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat, serta memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan yang dilamar.

    Sementara itu, syarat umum untuk PPPK antara lain berusia minimal 20 tahun dan maksimal satu tahun sebelum batas usia tertentu, tidak pernah dipidana dengan pidana penjara, memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan, serta memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu dari lembaga profesi yang berwenang.(Sumber Kompas TV/Redal)***

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles