25.4 C
Indonesia
More

    Kabid.Damkar : Jelang Musim Kemarau Waspadai Kebakaran

    PERGANTIAN musim yang tidak menentu agar diwaspadai adanya kebakaran lahan dan tempat tinggal atau bangunan lainnya. Termasuk untuk memeriksa instalasi listrik jangan sampai ada sambungan atau peralatan yang mudah terbakar bila dibiarkan dalam kurun waktu lama.

    Hal ini diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Damkar dan Penyelamatan Satpoldam Kabupaten Subang, Dede Rosmayandi, Senin (16/1/2023) sehubungan dengan adanya kebakaran rumah memasuki awal tahun 2023. ” Kebakaran yang terjadi diakibatkan oleh arus pendek atau konsleting dan peralatan rumah yang mudah terbakar,” katanya.

    Apalagi bila nanti musim kemarau tiba sering ada laporan terbakarnya lahan atau kebun. “Untuk ini agar selalu waspada dan tahun 2023 sampai pertengahan bulan Januari sudah 3 kejadian kebakaran rumah,”jelas Dede.

    Terakhir menimpa rumah warga di Kp Cihonje Rt13/03 Desa Jabong, kecamatan Pagaden Subang pada Senin(16/1/2023) sekira pukul 9:30 Wib dan diduga akibat konsleting. “Kita mengerahkan 2 unit Damkar dengan 8 petugas. Api pun berhasil dikuasi sekira setengah jam kemudian,”ungkapnya.

    Rumah dengan ukuran kurang lebih 15×6 meter dengan luas tanah 3 are tidak semua. Sebab sepertiga bangunan rumah bagian selatan menggunakan baja ringan tidak terbakar.

    Menurut informasi dilapangan orang tua pemilik rumah,Anikem (70th) sedang tidur di kamar bersama Cucunya, Sendi Rahmani (14th) Sementara pemilik rumah, Dedeh Juaryati (45th) sedang berada di Luar negeri,Taiwan.

    Dengan terjadinya kebakaran Kemudian Sendi Rahmadani anak Dedeh baru sadar saat api dari atas rumah berpecikan ke kesopa hingga api membesar membakar di bagian Ruang tengah Rumah dia pun keluar rumah membangunkan neneknya yang sedang tidur juga dan membawa keluar rumah langsung meminta pertolongan kepada tetangga.

    Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun isi rumah dan harta benda hangus dilalap kobaran si jago merah. Kerugian ditaksir mencapai -/+ Rp 200 juta.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles