23.4 C
Indonesia
More

    Jaga Kepuasan, Perumdam Tirta Darma Ayu Indramayu Respon Cepat Pengaduan Konsumen

    Kebocoran pipa air ditangani cepat petugas Perumdam Tirta Darma Ayu Indramayu. (Asep AS)

    Indramayu,Galagala.Id,- Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu merespon cepat dalam menangani pengaduan konsumen, melalui layanan I- Ceta atau Indramayu Cepat Tanggap dan layanan pengaduan di setiap kantor Cabang dan unit.


    Berdasar data dari bagian Humas Perumdam Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu menyebutkan, jumlah pengaduan konsumen yang masuk melalui aplikasi I- Ceta dan layanan pengaduan mandiri mencapai 10 pengaduan setiap harinya.
    Pengaduan yang paling sering disampaikan menyangkut kondisi air yang keruh, kebocoran pipa persil, dan tidak tersalurkannya air bersih ke konsumen.


    Seperti pengaduan yang disampaikan H. Nono Haryono, salah satu konsumen Perumdam Tirta Darma Ayu di perumahan Griya Ayu. Nono mengeluhkan air bersih tidak keluar sama sekali pada siang hari. Jika pun keluar, katanya pada jam jam tertentu saja di malam hari. Kondisi ini sudah berjalan lama.
    “Banyue boro boro ngucur. Netes gah beli. Arep lapor, lapor ning sapa,” keluh Nono.


    Nono melaporkan secara mandiri melalui kantor unit PDAM Balongan. Tidak kurang dari satu jam, tim Dermayu Banyu Sehat (DEBAS) lengkap dengan peralatan yang tersedia langsung mendatangi rumah pensiunan PLN tersebut. Diperoleh informasi, penyebab tidak lancarnya air bersih akibat bocornya pipa Persil yang menghubungkan saluran yang ada di rumahnya.


    Direktur Utama Perumdam Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu Ady Setiawan didampingi Plt. Manager Humas Perumdam Tirta Darma Ayu, Dedi Rohaedi mengakui sejak ada program I- Ceta yang terpantau langsung oleh Kuasa Pemegang Modal (KPM) yang juga bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, setiap pengaduan dari konsumen langsung ditindaklanjuti.


    Menurut Ady, aplikasi I -Ceta yang digagas Bupati Hj Nina Agustina sangat membantu konsumen dalam mengatasi persoalan dan kendala penyaluran air bersih di tingkat konsumen, sehingga dari mulai jajaran manajemen Perumdam Tirta Darma Ayu hingga 14 kantor cabang dan unit dapat segera merespon keluhan konsumen.
    “Respon cepat dari tim Dermayu Banyu Sehat dalam mengatasi aduan dari konsumen ini akan terus ditingkatkan,” jelas Ady Setiawan.


    Ady memaparkan, grafik pengaduan konsumen yang prosentasenya kecil dibanding jumlah konsumen yang mencapai 157 ribu sambungan air bersih, membuktikan tingginya tingkat kepuasan konsumen terhadap layanan yang diberikan perusahaan daerah milik Pemerintah Kabupaten Indramayu tersebut.
    Iya mencontohkan, gerak cepat tim DEBAS ini kerap dilakukan, terutama di permukiman warga yang saluran pipa utamanya mengalami kendala. Selama melakukan perbaikan, tim DEBAS sudah menyiapkan solusi terbaik untuk konsumennya seperti menyuntikan air bersih melalui armada tangki yang handal ke rumah rumah konsumen.


    “Tim respon cepat kami 24 jam siaga untuk mengatasi keluhan konsumen akan pasokan air bersih. Ini tidak lain merupakan satsetnya beliau (Bupati Nina Agustina) yang tidak mau menunda nunda pekerjaan demi kepuasan konsumen,” kata Ady Setiawan (Asep AS/Redal)***

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles