23.4 C
Indonesia
More

    Apel Pagi Perdana Bulan Juni di Pemkab Subang

    Pj. Bupati berharap para ASN harus selalu solid, karena dengan kesolidan tersebut, Pemerintah daerah tidak akan mudah untuk terhasut dan diadu domba oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab

    SUBANG,Galagala.Id,- Penjabat (Pj) Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd memimpin Apel pagi bersama para Kepala OPD, Camat, Para Pejabat Administrasi, Pengawas, dan Pejabat Fungsional, di Halaman Kantor Bupati Subang. Senin, 3 Juni 2024.

    Apel pagi tersebut merupakan apel rutin yang dilaksanakan setiap senin pertama di setiap Bulan dalam rangka menjalin kolaborasi dan sinergitas antar semua lini yang ada di Kabupaten Subang.

    Dalam apel tersebut, dilaksanakan pelepasan tim pemeriksa hewan qurban yang akan bertugas dalam rangka pembinaan dan pengawasan teknis kesehatan hewan qurban menjelang Idul Adha 1445 H/2024 M. Selain itu, dilaksanakan pula penyerahan beberapa penghargaan seperti penghargaan Adiwiyata tingkat Kabupaten Subang yang diberikan kepada 34 Sekolah yang telah melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) yang secara simbolis diserahkan kepada 3 sekolah yakni SDN Bolang, SDN Jatiragas I, dan SMPN 2 Purwadadi.

    Selanjutnya, dilaksanakan penyerahan 100 unit motor bagi POS KB Desa Se-Kabupaten Subang yang secara simbolis diserahkan kepada 3 orang POS KB. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada Disdikbud Kabupaten Subang atas partisipasi aktif mendukung program Talenta (Tantangan Literasi Nusantara) tahun 2023-2024, Apresiasi dan Festival Literasi GLN Gareulis Jawa Barat yang diserahkan langsung kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang Tatang Komara, S.Pd., M.Si.

    Dalam amanatnya, Pj. Bupati Subang menyampaikan selamat bertugas kepada tim qurban yang baru saja telah dilepas. Dirinya berharap, dengan hadirnya pengawasan dan pembinaan, dapat mengurangi munculnya aksiden dan insiden dalam pelaksanaan qurban pada tahun 1445 H/2024 M.
    “Semoga tidak terjadi aksiden dan insiden.”

    Pj. Bupati juga menyampaikan harapannya terkait penyerahan sepeda motor kepada para POS KB, dimana dirinya berharap dengan penyerahan motor tersebut dapat meningkatkan semangat dan kinerja dari pada POS KB dalam membantu pemerintah untuk menurunkan angka stunting.
    “Semoga dengan penyerahan motor, bisa menekan angka stunting, selamat bekerja, Semoga akan menambah semangat dalam bekerja.”

    Terkait penghargaan Adiwiyata yang diterima oleh beberapa sekolah, Pj. Bupati juga menyampaikan harapannya terkait dengan pelayanan yang diberikan oleh sekolah, baik dari meningkatkan kualitas pendidikan hingga dalam menjaga kualitas lingkungan.
    “Saya sangat berharap sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Subang ini betul-betul unggul, bisa memberi pelayanan yang terbaik kepada seluruh siswa yang ada di Kabupaten Subang. Jaga lingkungan sekolah.”

    Selanjutnya, Pj. Bupati Subang juga tidak pernah bosan untuk mengingatkan bahwa dalam bekerja, harus selalu berpedoman kepada aturan. Menurutnya, walaupun banyak inovasi yang diciptakan, namun tidak berpedoman pada aturan, maka hal tersebut hasilnya tetap akan dinilai tidak baik.
    “Saya ingin sampaikan kepada bapak dan ibu sekalian yang gak bosan-bosannya mengingatkan ini teman kita di dalam bekerja selaku ASN pak cuma satu, teman kita itu aturan. Kalau kita tidak patuh pada aturan, apapun itu bisa terjadi. ketika kita bekerja, banyak kita melakukan diskresi inovasi tetapi tidak mengacu pada aturan, pada bagian akhir, walaupun kita kerja baik, tetapi hasilnya tidak baik.”

    Terkait berbagai isu yang muncul di masyarakat, Pj. Bupati berharap para ASN dapat menahan diri dan tidak terbawa isu yang tidak benar. Oleh karena itu, Pj. Bupati berharap para ASN harus selalu solid, karena dengan kesolidan tersebut, Pemerintah daerah tidak akan mudah untuk terhasut dan diadu domba oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

    Selanjutnya, Pj. Bupati juga menjelaskan terkait Promosi, Mutasi dan Rotasi. Dirinya menjelaskan bahwa hal tersebut telah ada prosedur dan mekanisme yang telah diatur oleh undang-undang. Dirinya menjelaskan, bahwa dalam promosi, rotasi dan mutasi, semua penilaian harus berdasarkan loyalitas, kinerja serta hasil asesment, dan tidak harus mengeluarkan uang, terlebih uang tersebut diserahkan kepada orang yang tidak jelas dan tidak bertanggungjawab.


    “Yang namanya promosi, yang namanya mutasi dan rotasi, itu sudah jelas prosedur dan mekanismenya, loyalitas, kinerja dan hasil uji kompetensi atau asesment itu menjadi acuan, dan saya taat betul pada aturan itu, jadi gak perlu bapak ibu sekalian itu pergi kemana dan ngasih duit ke orang yang tidak jelas, saya tahu mana yang bekerja dengan baik, yang loyal, hasil asesmentnya juga saya tahu, jadi ‘jangan usah begitu kali’ kalau kata orang sumatra. Saya tidak akan terpengaruh dengan hal seperti ‘itu’,”jelasnya.

    Selanjutnya, Pj. Bupati juga menyampaikan terkait Pemilu dan Pilkada yang akan berlangsung beberapa waktu yang akan datang. Dirinya berharap, semua ASN harus bersikap netral dan mampu menjaga kondusifitas yang ada di masyarakat.


    “saya kembali mengingatkan, kalau Pemilu itu panasnya itu ada di tingkat nasional, kalau Pilkada itu panasnya ini pada tingkat lokal. Saya sangat mengharapkan bantuan dari Bapak dan Ibu sekalian untuk bisa menjaga kondusifitas selama proses pelaksanaan Pilkada berlangsung,”harap Imran.(Yop/Redal)***

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles