23.4 C
Indonesia
More

    Pemilu di Indramayu Berjalan Lancar & Kondusif

    Indramayu, Galagala, Id,- Pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara (tungsura) Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Indramayu berjalan lancar dan kondusif.

    Tidak hanya itu, antusias warga Kabupaten Indramayu cukup  besar dan kemungkinan persentasenya cukup tinggi. Hal ini terlihat pada hari H warga berbondong-bondong mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 yang digelar serentak Rabu (14/2/2024).

    Pemantauan di TPS 23 Kelurahan Lemahmekar, Kecamatan Indramayu, antusias warga yang menggunakan hak suaranya relatif tinggi.

    Sejak pukul 07.00 WIB, warga yang akan mencoblos sudah berdatangan ke TPS. Sempat diminta petugas untuk menunggu karena sedang dilakukan persiapan.

    “Maaf bu, nunggu dulu sebentar ya. Ini kursi-kursinya sedang ditata,” ujar salah seorang petugas di TPS 23.

    Usai menata kursi-kursi plastik, petugas keamanan mempersilakan warga antre.

    “Tolong KTP nya dibawa. Untuk hand phonenya tidak usah dibawa ke bilik suara, mangga dititipkan saja ke petugas kami,” ujar petugas di TPS.

    Para petugas di TPS umumnya masih berusia muda. Cukup ramah dan sopan melayani warga.

    Pemantauan di TPS 08 Sindang, suasana pemungutan suara berjalan lancar. Demikian pula di beberapa TPS di Desa Santing, Muntur dan Jangga, pelaksanaan pencoblosan terlihat lancar.

    Kapolres Indramayu saat pemantauan  PAM TPS

    Sebelumnya, Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Masykur saat dihubungi awak media di kantornya di jalan Mulia Asri Indramayu, Senin (12/2/2024) mengemukakan, berdasarkan data pada daftar pemilih tetap (DPT) jumlah hak pilih Pemilu 2024 di Kabupaten Indramayu sebanyak 1.373.770 orang, terdiri dari 691.353 hak pilih laki-laki dan 682.417 hak pilih perempuan.

    Dari jumlah hak pilih sebanyak itu, katanya ditargetkan sebesar 86 persen hingga 90 persennya datang ke TPS menggunakan hak pilihnya.

    Sementara itu, Kapolres Indramayu AKBP M. Fahri Siregar, Senin (12/2/2024) mengemukakan, guna mengamankan jalannya Pemilu 2024, pihaknya menerjunkan sebanyak 834 personel di 5.316 TPS dan tempat-tempat penting lainnya.

    Dari jumlah personel sebanyak itu kata kapolres saat menghadiri pergeseran pasukan pengamanan Pemilu 2024 di Mapolres Indramayu, termasuk personil Satuan Brimob, Arhanud dan Kodim 0616 Indramayu.

    “Personel pengamanan harus ekstra perhatian. Terutama di beberapa TPS rawan banjir. Seperti di Desa Karangmulya, Desa Cikawung dan Desa Eretan Wetan,” ujarnya. (Taryani/Asep AS/Redal)***

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles