24.4 C
Indonesia
More

    Kebun Lembur Tohaga Lodaya Polres Subang Panen perdana Cabe

    Kapolres Subang, AKBP Sumarni tampak bahagia karena tanaman cabe merah yang ditanam di Kebun Tohaga Lodaya di Palasari, Ciater akhir bulan September silam, akhirnya bisa dipanen dan hasilnya cukup lumayan mencapai 10 ton.

    “Alhamdulillah, hasilnya tidak mengecewakan dan sesuai dengan prediksi kalau 4 bulan kemudian bisa dipanen,”katanya usai memimpin panen perdana, Rabu (28/12/2022).

    Selain Kapolres Subang, AKBP. Sumarni turut hadir pula, Forkopomcam Ciater, Kapolsek Ciater, Kompol Bony, beserta para PJU Polres Subang, dan juga petani milenial Ciater, Tono, serta tamu undangan lainnya. Dirinya menyebutkan kalau hasil yang diperoleh di atas tanah seluas ±5000 meter² dengan pohon cabai yang ditanam sebanyak 10.000 pohon menghasilkan 10 ton.

    Sebagai wujud syukur, Kapolres Subang memberikan sembako kepada petani cabai di Lembur Tohaga Lodaya Ciater. “Alhamdulillah hal ini, tentunya saya mengucapkan terimakasih kepada para petani cabai yang telah mengurus tanaman cabai ini, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal,” ungkap Sumarni.

    Sebagaimana yang telah diberitakan, pada bulan September silam, membuat kebun husus yang diberi nama Kebun Lembur Tohaga Lodaya dengan menanam bibit cabe dan talas di areal 1 hektar. Untuk cabenya sendiri diatas lahan setengah hektar. Talas sebanyak 5000 pohon, sedangkan cabe 10.000 pohon.

    Menurut Sumarni, program bercocok tanam yang dilakukan jajaran Polres Subang tersebut bertujuan untuk mendukung program ketahanan pangan pemerintah. Sekaligus bagian dari upaya mencegah krisis pangan

    ” Insyaallah, kita berharap langkah ini sebagai antisipasi jangan sampai terjadi defisit cabe rawit di Kabupaten Subang. Adapun target yang akan dicapai pada 3-4 bulan kedepan bisa panen mencapai 10 ton,”jelasnya.

    Hal yang sama diungkapkan Tono Firmansyah, salah seorang petani penggarap mengaku bersyukur dan mendukung program ketahanan pangan yang dilakukan oleh jajaran Polres Subang.

    “Saya selaku petani, sangat mendukung upaya yang sudah dilakukan oleh jajaran Polres Subang yang sudah membuka lahan pertanian baru yang diberi nama Kebun Lembur Tohaga Lodaya di desa Palasari Kecamatan Ciater Kabupaten Subang dan ternyata menjadi kenyataan dengan hasil sesuai prediksi sebelumnya di panen yang kali pertama,” ujarnya

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles