23.4 C
Indonesia
More

    Ini Alasan DahanaTidak Ada Pekerjaan Peledakan di Bendungan Sadawarna

    Kawasan bakal bendungan Sadawarna saat sedang proses pembangunan
    Kawasan bakal bendungan Sadawarna saat sedang proses pembangunan

    Presiden RI Joko Widodo meresmikan Bendungan Sadawarna yang lokasinya bersebelahan dengan Kawasan Energetic Material Center PT Dahana pada 27 Desember 2022, kemarin. Ternyata pembangunan bendungan ini tidak menggunakan teknologi peledakan seperti beberapa bendungan besar lainnya.

    Direktur Utama PT Dahana, Wildan Widarman mengungkapkan alasan dibalik tidak adanya pekerjaan peledakan di Bendungan Sadawarna yang baru saja diresmikan oleh Presiden RI ini. Menurutnya, peledakan biasanya digunakan untuk mempercepat proses pembangunan bendungan yang memiliki struktur tanah bebatuan, sementara karakter geologi Bendungan Sadawarna rata-rata memiliki struktur tanah lunak, sehingga dapat dengan mudah diangkut dengan menggunakan eskavator atau alat berat lainnya.

    “PT Dahana biasanya mengerjakan pembangunan bendungan yang membutuhkan pekerjaan drilling dan blasting pada struktur geologi bendungan yang memiliki banyak bebatuan kompleks, dan tak cukup menggunakan alat berat,” ungkap Wildan Widarman di Kampus Dahana Subang,Rabu (28/12/2022).

    Lebih lanjut, Wildan juga menambahkan, PT Dahana memiliki rekam jejak yang baik dalam pembangunan bendungan, beberapa PSN di bidang Sumber Daya Air seperti Bendungan Jatigede Sumedang, Bendungan Cipanas Sumedang, Bendungan Tugu di Trenggalek, Bendungan Pamukkulu di Takalar Sulsel, Bendungan Leuwikeris Ciamis – Tasikmalaya, Terowongan di PLTA Batang Toru Sumut serta bendungan lainnya yang mempercayakan layanan dan produk Dahana dalam proses pembangunan bendungan.

    Dengan layanan Total Explosive Solution, Dahana tercatat mampu mempercepat proses pembangunan bendungan, seperti yang diaplikasikan pada Bendungan Pamukkulu. Di sana, Dahana dipercaya untuk mengerjakan pembuatan terowongan hingga penyangga terowongan.

    Bahan peledak Dahana yang terbukti handal dan biasa digunakan dalam pengerjaan bendungan terdiri dari Dabex, Booster, hingga Non Electric Detonator. Pemilihan bahan peledak juga dapat disesuaikan dengan kontur tanah, kondisi air, dan faktor-faktor lainnya.

    “Kelebihan lain dari layanan Dshana, adalah teknologi On Site Plant (OSP) yang dapat memproduksi bahan peledak di lokasi pembangunan. Selain itu, Dahana juga memiliki teknologi Mobile Manufacturing Truck (MMT) yang handal dalam memproduksi bahan peledak sekaligus memasukkan bahan peledak ke lubang peledakan,” jelas Wildan.

    Tak hanya teknologi peledakan yang sudah teruji memberikan hasil peledakan terbaik dan dapat melakukan efisiensi waktu dan ongkos pekerjaan. Layanan Dahana juga dilengkapi dengan SDM yang unggul, terampil, dan teruji pada pembangunan bendungan.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles