23.4 C
Indonesia
More

    Juru Ledak Kelas 1 PPSDM Ngampus di Dahana

    SUBANG,Galagala.Id,-
    Peserta Kursus Juru Ledak (KJL) Kelas 1 Pusat Pengembangan Sumberdaya Mineral (PPSDM) Batubara Geominerba mengunjungi PT Dahana dalam rangka menambah dan memperluas pengetahuan tentang bahan peledak. Rombongan peserta yang dipimpin Instruktur Ahli Pertama Zanescaya Wirasangka diterima dengan hangat oleh Pjs VP Energetic Material Center Dahana Dadan Munawar di Kampus Dahana, Subang, pada Kamis, 6 Juni 2024.

    Dalam sambutannya, Dadan menuturkan bahwa Kawasan Energetic Material Center PT Dahana merupakan kawasan terpadu untuk penelitian, pengembangan dan produksi bahan peledak komersial dan militer. Bahkan termasuk di dalamnya terdapat area uji mutu peledakan yang dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran.

    “Di sini, kami memiliki berbagai macam fasilitas bahan peledak, dari mulai pabrik-pabrik, tempat uji coba, Pusat Logistik Berikat, perkantoran, balai pertemuan dan lain sebagainya. Fasilitas bahan peledak milik Dahana bisa dibilang merupakan fasilitas bahan peledak terlengkap yang ada di kawasan Asia Tenggara,” ungkap Dadan.

    Dahana beroperasi dalam berbagai sektor baik di dunia pertambangan, kuari & konstruksi, hingga migas, dan militer. Dalam setiap operasinya, Dahana ditopang oleh bahan peledak berkualitas tinggi dengan berbagai variasi, sehingga dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan atau kondisi di lapangan.

    Selain itu, Dahana menawarkan Total Explosive Solutions atau layanan bahan peledak terpadu yang dapat menghemat pengeluaran konsumen. Jasa ini terdiri dari suplai bahan peledak, handling, distribusi, perizinan, pergudangan, drilling & blasting, loading & hauling, hingga pemusnahan bahan peledak.

    Dengan bahan peledak yang unggul serta kekuatan tenaga kerja yang terampil dan berpengalaman, PT Dahana mendapatkan kepercayaan secara luas baik untuk konsumen dalam negeri maupun di luar negeri.

    Sementara itu, mewakili PPSDM Geominerba, Zanescaya menyampaikan, PT Dahana merupakan destinasi wajib peserta KJL Kelas 1, setiap tahunnya PPSDM selalu melakukan kunjungan atau praktik lapangan ke PT Dahana. Pada tahun ini, pihaknya membawa 15 peserta KJL yang berasal dari 10 perusahaan.

    “Saya ucapkan terima kasih kepada PT Dahana telah menerima kami, untuk kegiatan praktek lapangan Kursus Juru Ledak Kelas 1, di sini ada 15 peserta terdiri dari 10 perusahaan. Setiap tahun kami berkunjung ke sini. Semoga temen-temen di sini juga bisa mengambil ilmu dari PT Dahana terkait produk bahan peledaknya,” ujar Zanescaya Wirasangka, S.T. Instruktur Ahli Pertama PPSDM Minerba.

    Usai mendapatkan pemaparan di kelas, peserta kemudian berkesempatan untuk mengunjungi kawasan EMC Dahana, dan melihat secara langsung proses produksi dan fasilitas bahan peledak yang dimiliki oleh perusahan kiblat bahan peledak Indonesia tersebut.(Redal)***

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles