29.4 C
Indonesia
More

    WBP Lapas Kelas IIA Subang Sumringah Nikmati Daging Qurban 4 Ekor Sapi dan 4 Ekor Domba pada Idul Adha 1445 Hijriyah – 2024 Masehi

    SUBANG, Galagala.Id,- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Subang pada  Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah  melibatkan warga binaan pemasyarakatan (WBP) terutama dalam mengolah hewan kurban. Sebab untuk pemotongannya sendiri dilaksanakan di  Rumah Potong Hewan (RPH) yang tidak jauh lokasinya.

    Sejumlah warga binaan mengaku rindu terhadap kampung halaman saat perayaan Idul Adha. Terlebih momen bersama keluarga. Seperti menikmati daging kurban yang diolah sendiri di rumah. Meski berada di sini, mereka pun  bersyukur masih bisa ikut berpartisipasi dan dilibatkan  dalam penyembelihan dan pengolahan  hewan qurban.

    Plt. Kepala Lapas Kelas IIA Subang, Tendi Kustendi didampingi Kasibinadik, Cepy Mulyawan membenarkan keterlibatan WBP dalam  pendistribusian daging hewan qurban. Hanya saja  kepada WBP  diolah dan dimasak terlebih dahulu dan dibagikan dalam bentuk hidangan makanan sehari hari. Sedangkan untuk di bagikan kepada pegawai
    dan pensiunan Lapas Subang tentu akan berbeda.

    “Melalui kegiatan ini, kami ingin menunjukkan bahwa nilai-nilai kebersamaan dan kepedulian sosial tetap hidup dan berkembang di dalam lingkungan lapas. Ini adalah momen bagi kita semua untuk berbagi dan merasakan kebahagiaan bersama,” kata Tendi.

    Demikian pula dalam semangat berbagi tidak mengenal batas. Warga binaan tetap bisa merasakan dan menyebarkan kebahagiaan. Namun  semua tahapan dilakukan dengan benar. Pihaknya pun ingin  WBP mendapat kesempatan belajar dan mengembangkan keterampilan baru yang berguna bagi mereka di masa depan.

    Plt. Kalapas menambahkan, penyembelihan hewan kurban tersebut sebagai wujud ketaqwaan kepada Allah SWT, menguatkan silaturahim, kebersamaan dan kekeluargaan di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Subang dan bentuk rasa syukur atas nikmat Allah

    “Kegiatan ini juga untuk memupuk rasa empati dan meningkatkan solidaritas terhadap sesama muslim maupun sesama manusia dan bentuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT,”ungkapnya.

    Sebelumnya pada Senin (17/6/2024) pagi, Lapas Kelas IIA Subang melaksanakan sholat Idul Adha secara berjamaah di Masjid An-Nur Lembaga Pemasyarakatan Subang dilanjutkan dengan kegiatan pemotongan hewan qurban.

    Hadir dalam kegiatan tersebut Plt. Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Subang di dampingi oleh Jajaran Pejabat Eselon IV & V, para Pegawai serta WBP.

    Setelah melaksanakan Sholat Idul Adha 1445H/2024M kegiatan dilanjutkan dengan plaksanaaan pemotongan hewan qurban yang bertempat di Rumah Pemotongan Hewan Jalan Marsinu, samping Lapas Subang. Lapas berkurban empat ekor sapi dan empat ekor domba. (Redal)***

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles