22.4 C
Indonesia
More

    Pemkab Indramayu Sikapi Meroketnya Harga Beras.                Ini yang bakal dilakukan…

    Indramayu, Galagala.Id,-Kabar baik untuk masyarakat yang selama ini terbebani oleh naiknya harga beras akan disikapi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu dengan menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) untuk menstabilkan harga bahan pangan khususnya beras  yang harganya telanjur melambung.

    Tidak tangung-tanggung, GPM  bakal dilaksanakan di 31 kecamatan. Mulai 21 Februari 2024 hingga  4 Maret 2024.  Kegiatan ini fokusnya membantu meringankan beban pengeluaran masyarakat saat memenuhi kebutuhan pokok.

    Terdapat sejumlah komoditas yang bakal dijual murah atau di bawah harga pasar pada GPM itu. “Seperti beras,  dijual pada kisaran harga Rp 10.900 per kg,  gula pasir Rp 17.000 per Kg dan  minyak goreng kisaran harga Rp 14.600 per liter,” ujar Plt. Kepala DKPP Kabupaten Indramayu, Sugeng Heryanto, Senin (19/2/2024).

    Untuk mewujudkan rencana itu, Pemkab Indramayu melaksanakan rapat koordinasi di Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Indramayu,  dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Aep Surahman. Hadir juga Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian  Setda Kabupaten Indramayu, Iing Kuswara, para pemangku kebijakan serta 31 orang Sekretaris Kecamatan (Sekcam).

    Kata Aep,  GPM merupakan upaya Pemkab Indramayu guna menstabilkan harga bahan pokok,  sehingga pemerintah dapat hadir membantu meringankan beban masyarakat sekaligus mengendalikan inflasi di daerah.

    “Ini merupakan upaya kami di bawah komando ibu bupati untuk menstabilkan harga bahan pokok,  terutama beras yang saat ini cukup melonjak harganya,” ungkapnya.

    Nantinya, GPM ini akan didukung  Bulog Kabupaten Indramayu. Terutama berkaitan  kesiapan suplai bahan pokok yang akan dijual  ke masyarakat. “ Kami siap mensuplai bahan pokok pada GPM,” ujar  Kepala Cabang Bulog Kabupaten Indramayu, Ilham.

    Sementara itu berdasarkan pemantauan di salah satu kios beras di komplek Pasar Daerah Indramayu, Jumat (16/2/2024) harga beras  yang dijual pedagang harganya tidak ada yang di bawah Rp15 ribu per Kg. Semua beras dengan kualitas yang berbeda-beda harganya berada di atas Rp15 ribu per Kg.

    Beras kualitas Medium 1 harganya Rp 15.300 per Kg. Beras kualitas Medium 2 Rp15.800 per kg dan beras kualitas Premium atau beras kualitas terbaik harganya tembus  Rp16.300 per kg. (Taryani/Asep AS/Redal)***

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles