23.4 C
Indonesia
More

    Pawai Alegoris, 8 Jam Kota Subang Macet

    Galagala.Id,Subang,- Suasana diseputaran kota Subang, beberapa ruas jalan sejak pagi sudah ditutup. Hal ini dikarenakan ada gelaran pawai Alegoris dan pekan kebudayaan dalam rangkaian Hari Jadi ke 72 Kabupaten Subang, Senin (29/5/2023).

    Akibatnya banyak warga pengguna jalan yang tidak mengetahui harus berputar putar karena sudah penuh dengan peserta Alegoris, termasuk di seputaran GOR. “Saya nggak tahu kalau hari ini ada pesta hari jadi, “kata Sulwan yang datang dari Bandung dan hendak ke Cikalapa, Pasirkareumbi, Subang.

    Pawai Alegoris Pekan Kebudayaan Subang dibuka resmi Bupati Subang H. Ruhimat, bersama Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi bertempat di Lampu Satu dan Alun-alun Subang. Diikuti oleh seluruh Dinas dan Kecamatan se-Kabupaten Subang, dan menampilkan berbagai kesenian juga hasil bumi yang dihasilkan oleh berbagai daerah.

    Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Pawai Alegoris tersebut merupakan rangkaian HUT ke-75 Kabupaten Subang dengan tema ‘Semarak 75 tahun Kabupaten Subang’.
    “3 tahun kita tidak melaksanakan kegiatan seperti ini, salah satunya adalah dengan kegiatan kebudayaan daerah yang akan dilaksanakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 29 sampai tanggal 31 Mei 2023,”ungkap Sekda.

    Sekda Subang berharap Pawai Alegoris tersebut, dapat menjadi event tahunan Kabupaten Subang dan berharap seluruh warga Subang untuk menyukseskan kegiatan tersebut.
    “Dengan penuh rasa syukur kepada Allah SWT, ayo urang Subang, hayu urang sukseskan pekan kebudayaan dalam rangka Milangkala ke 75 Kabupaten Subang tahun 2023.”pungkasnya.

    Sementara itu, Kang Jimat dalam sambutannya menyampaikan bahwa tiga tahun terakhir, Kabupaten Subang melaksanakan HUT dengan sederhana karena adanya covid19. Namun saat ini, setelah status PPKM di cabut, dan Covid19 melandai, HUT Subang dapat dilaksanakan dengan semarak.
    “Alhamdulillah, hari ini kita bisa melaksanakan (HUT Subang) dengan semarak dan penuh sukacita,” ucap Bupati.

    Kang Jimat juga menjelaskan, bahwa Pekan Kebudayaan yang dilaksanakan bertujuan untuk memeriahkan hari ulang tahun ke-75 Kabupaten Subang dengan melestarikan kebudayaan yang ada di Kabupaten Subang agar bisa terus dikenal dan dijaga oleh masyarakat
    “Budaya adalah jati diri, identitas bangsa, serta nilai-nilai luhur yang harus dijunjung,”ujarnya.

    Kang Jimat berharap, kegiatan yang kini dilaksanakan, dapat memberikan efek positif terhadap roda perekonomian masyarakat melalui kreativitas dalam menciptakan produk-produk ekonomi kreatif dan menjadi cikal bakal tujuan wisata ke Kabupaten Subang.
    “Mari kita saksikan persembahan terbaik dari seluruh perangkat daerah kecamatan yang ada di Kabupaten Subang,’pintanya.

    Pada kesempatan tersebut, Kang Jimat dan Kang Akur membuka secara simbolis Pekan Kebudayaan Kabupaten Subang sekaligus meresmikan Muatan Lokal Sisingaan untuk Pendidikan Sekolah Dasar dengan melepas Kayon dan diserahkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Subang Tatang Komara, S.Pd., M.Si.

    Selanjutnya, Kang Jimat dan Kang Akur, mengajak Walikota Gimcheon Korea Selatan beserta jajaran untuk bersama menaiki Sisingaan yang merupakan salah satu kebudayaan Kabupaten Subang.

    Kegiatan dilanjutkan dengan Pawai Alegoris yang disaksikan secara langsung oleh Kang Jimat-Akur, Walikota Gimcheon, Para pejabat Forkopimda atau yang mewakili, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, serta tamu undangan lainnya.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles