29.4 C
Indonesia
More

    Mahasiswa UKRI Kunjungi Kiblat Bahan Peledak Indonesia

    Galagala.Id,Cibogo,-Puluhan mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) melakukan kunjungan studi ke PT Dahana, untuk mengetahui lebih jauh terkait perusahaan penghasil bahan peledak dan lainnya.

    Kunjungan Industri para mahasiswa tersebut dipimpin oleh Kabiro Wakil Rektor 4 UKRI, Irman Hariaman diterima oleh SM Legal & Komunikasi Perusahaan , Juli Jajuli di Kantor Manajemen Pusat (Kampus) Dahana, Subang, Senin( 20/3/ 2023).

    “Harapan UKRI dapat melakukan penjajakan kerjasama dengan Dahana di bidang penelitian industri. Tujuan kunjungan industri ke Dahana ini untuk pembelajaran bagi mahasiswa tentang penerapan ilmu yang didapat di kampus dalam dunia industri, termasuk industri pertahanan,” ungkap Irman.

    Dalam sambutannya, Juli Jajuli menerangkan tentang sejarah singkat Dahana yang berawal dari proyek “Menang” Angkatan Udara Republik Indonesia, dan berkembang hingga menjadi Dahana saat ini. Sebelumnya, Dahana memiliki pabrik dan kantor di Tasikmalaya, namun karena berbagai macam hal terutama keterbatasan lahan, Dahana membeli lahan hampir 600 hektar di Kabupaten Subang.

    “Di Subang, kami mendirikan berbagai macam fasilitas bahan peledak, dari pabrik hingga pergudangan, dan saat ini merupakan kawasan dengan fasilitas terlengkap di ASEAN. Dengan komitmen lingkungan, gedung perkantoran Dahana dibangun dengan sertifikat green building dan termasuk generasi pertama gedung yang mendapat sertifikat level platinum dari GBCI,” tutur Juli Jajuli.

    Di dunia pertambangan, Juli Jajuli mengklaim produk-produk Dahana sangat digemari oleh konsumen, dengan layanan Total Explosive Solutions yang melayani keseluruhan proses bisnis peledakan, Dahana mampu bersaing di pasar pertambangan tanah air. Bahkan beberapa produk Dahana menjadi langganan ekspor konsumen di kawasan Asia Pasifik.

    Selain itu, sejak awal Tahun 2022, Dahana tergabung dalam holding industri pertahanan Indonesia Defend Id yang memiliki tujuan menjadi lokomotif terwujudnya kemandirian Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (Alpalhankam) nasional, dimana Dahana memiliki tugas khusus untuk memenuhi kebutuhan bahan peledak seluruh matra pertahanan TNI.

    “Kami mewakili manajemen PT Dahana mengucapkan selamat datang di Kampus PT Dahana. Kampus ini bukan Universitas, melainkan kepanjangan dari Kantor Manajemen Pusat Dahana. Namun demikian, filosofi kampus tetap melekat, karena memang di Dahana Subang ini sering dikunjungi tamu dengan berbagai latar belakang untuk mendalami bahan peledak,” ungkap Juli.

    Usai menerima pemaparan di Smart Room Kampus Dahana, 30 Mahasiswa UKRI tersebut berkesempatan untuk mengunjungi Kawasan Energetic Material Center (EMC) dan melihat langsung proses pembuatan bahan peledak di pabrik milik Dahana.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles