25.4 C
Indonesia
More

    Kebakaran Depo Plumpang Telan korban 17 Tewas, Pengungsi Bertahan di PMI Jakarta Utara

    JAKARTA, galagala.id,- Sekitar 73 kepala keluarga (KK) atau 270 orang warga korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara mengungsi di halaman Markas PMI Jakarta Utara.

    Lebih rinci, ada 133 orang dewasa mengungsi di markas tersebut, 92 orang anak-anak, 21 orang lansia, dan 24 balita. Markas PMI Jakut merupakan salah satu dari 6 tempat pengungsian yang didirikan untuk menampung para korban kebakaran.

    Ketua PMI Jakarta Utara, Rijal mengatakan kemungkinan jumlah pengungsi masih akan bertambah, mengingat pemadam kebakaran masih melakukan pendinginan di lokasi kejadian.

    “Pagi ini bagi warga yang rumahnya tidak terdampak sudah bisa kembali. Kecuali yang benar-benar rusak dan hancur terbakar,” katanya dan sejak semalam pihaknya telah menyediakan alas tidur, selimut, dan juga makanan serta minuman. Selain itu, ada sekitar empat tenda yang didirikan untuk menjadi tempat istirahat sementara para korban kebakaran, termasuk tenda kesehatan.

    “Di sini yang berjaga ada sekitar lebih dari 50 orang. Saat kejadian tadi ada lebih dari 100 personel PMI diturunkan,” kata Rijal.

    Dalam kesempatan yang sama, Wakil Sekretaris PMI Jakarta Utara, Syarif Hidayatullah mengatakan untuk saat ini kebutuhan pengungsi dewasa terpenuhi. Namun, PMI Jakut masih membutuhkan bantuan pasokan popok bayi untuk memenuhi kebutuhan pengungsi.“Yang masih kurang ini, popok bayi,” kata Syarif.

    Masih Diselidiki

    Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, mengatakan penyebab kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, masih diselidiki.

    “(Penyebabnya) belum, nanti belum, kan Labfor (laboratorium forensik) masih bekerja. Semuanya nanti. Besok ada posko kita akan update semuanya,” kata Fadil saat mengunjugi lokasi kebakaran Jum’at malam.

    Adapun rencana olah tempat kejadian perkara (TKP) belum bisa diungkapkan, sebab kepolisian masih fokus melakukan evakuasi korban

    Sebagaimana diketahui hingga pagi ini, kebakaran terjadi di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023) pukul 20.20 WIB. Tercatat 17 orang meninggal dunia dan 50 lainnya luka-luka akibat kebakaran ini.

    Pertamina telah membentuk tim untuk menginvestigasi penyebab kebakaran ini. Pertamina juga belum dapat memperkirakan jumlah kerugian akibat kebakaran ini.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles