29.4 C
Indonesia
More

    DPRD Subang Tindak Lanjut Pabrik Pembuang Limbah Sembarangan

    Subang,Galagala.Id- DPRD Subang akhirnya akan menindaklanjuti persoalan pabrik yang diduga membuang limbah sembarangan di Pantura. Hal ini setelah dipanggilnya beberapa kepala organisasi perangkat Daerah (OPD) terkait izin pabrik tersebut.

    OPD yang dipanggil yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Subang, Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP), Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpoldam), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan Camat Pusakanaga.

    Pemanggilan oleh Komisi III DPRD Subang tersebut dilakukan juga terhadap pihak perusahaan yakni PT. Cixi Jaya Plasindo yang beralamat di Kecamatan Pusakanaga. Namun pihak perusahaan tidak ada yang hadir.

    Komisi III DPRD Subang yang dipimpin oleh Daan Agung tersebut meminta data dan informasi dari dinas terkait perihal permasalahan limbah yang dikeluhkan oleh masyarakat.

    Dalam kesempatan tersebut, pihak DPMPTSP Subang menjelaskan, bahwa saat pebuatan izin, perusahaan tersebut mengaku belum mendapat laporan izin yang awalnya gudang, lalu dijadikan pabrik.

    Kemudian dalam rapat itu, perwakilan petani bertanya izin belum dikeluarkan, kenapa pabrik sudah beroprasi. Oleh karna itu petani meminta ganti rugi kepada pemilik pabrik dan meminta pemerintah untuk menutup sementara beroperasinya pabrik.

    “Kami (petani) merasa dirugikan dengan adanya pembuangan limbah ke areal sawah, sehingga kami jadi gagal panen,” kata perwakilan petani yang ikut hadir.

    Komisi III DPRD Subang yang menjadi kordinator rapat langsung berembuk dengan beberapa OPD lainnya.

    “Dalam hal ini yang harus segera bertindak di lapangan yaitu dari Dinas Satpoldam, tetapi disarankan juga harus sesuai dengan SOP,” kata Ketua Komisi III DPRD Subang, Daan Agung.

    Dirinya menegaskan, bahwa hasil rapat sementara menyimpulkan Komisi III DPRD Subang dan para OPD akan menindak lanjuti dalam waktu secepatnya.(Redal)***

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles