26.4 C
Indonesia
More

    BuRGer Ala Dahana Jadi Upaya Kebugaran dan Jaga Kesehatan Karyawan

    Subang,Galagala Id,-Unit Corporate Communication PT Dahana pada Jum’at (25/8/2023)merilis program baru yang diberi nama BuRGer (Rabu Rame-rame Bergerak). Program yang dicetuskan oleh bidang SENIOR (Seni dan Olahraga) Dahana ini merupakan upaya perusahaan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan karyawan. Program ini dimulai perdana sejak Rabu, 9 Agustus 2023 ini terus berlangsung hingga pekan keempat Agustus 2023.

    SM Legal dan Komunikasi Perusahaan, Juli Jajuli menuturkan, program ini merupakan respon atas hasil Medical Check Up (MCU) tahunan yang mengindikasikan porsi olahraga karyawan Dahana kurang teratur bahkan tidak sama sekali melakukan olahraga. Oleh sebab itu, unitnya yang membawahi kegiatan seni dan olahraga karyawan menginisiasi program bergerak bersama setiap Rabu petang.

    “Program ini memiliki tujuan diantaranya untuk membersamai karyawan dalam melakukan olahraga, karena seringkali olahraga sendiri dirasa kurang menarik. Maka melalui BuRGer ini olahraga dikemas untuk dilakukan bersama. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi sarana komunikasi dan silaturahmi antar karyawan. Bahkan dalam beberapa kesempatan, direksi Dahana turut mengikuti kegiatan ini sehingga membuka peluang untuk berdiskusi santai dengan manajemen puncak,” ungkap Juli Jajuli di Kampus Dahana.

    Juli juga menambahkan, jenis olahraga di BuRGer ini baru berupa jalan sehat, lari, dan senam. Di masa yang akan datang pihaknya telah menyiapkan jenis-jenis olahraga yang lebih variatif sehingga dapat meningkatkan antusias karyawan dalam mengikuti BuRGer.

    Kegiatan lari, jalan sehat, dan senam ini dilakukan selama 60 menit setiap Rabu sore mulai pukul 16.30-17.30. Sementara ini, karyawan yang ada di Subang melakukan BuRGer dengan mengitari Kampus Dahana, dan di Jakarta dilaksanakan di Tebet Eco Park. Tim Corporate Communication saat ini sedang menyusun alat bantu teknologi agar monitoring dapat menjangkau setiap karyawan hingga ke site project.

    Program ini juga ditanggapi positif oleh Direktur Utama Dahana, Wildan Widarman. Dirinya mengapresiasi langkah yang diinisiasi oleh Corporate Communication. Menurutnya, BuRGer dapat mendorong kesehatan dan kebugaran karyawan dalam bekerja, sehingga diharapkan produktivitas juga dapat meningkat.

    “Kegiatan BuRGer yang diisi dengan jenis olahraga-olahraga ringan dan murah ini memiliki dampak yang baik jika dilaksanakan secara rutin, manfaat untuk karyawan adalah memiliki tubuh yang sehat dan kuat, sementara untuk perusahan kebugaran karyawan memiliki peran penting untuk peningkatan produktivitas, kami juga berharap ke depan semakin banyak karyawan yang turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini,” ujar Wildan Widarman.

    Sementara itu, dokter Klinik Dahana, dr. Kintan Nafasa menyampaikan bahwa rutinitas pekerjaan seringkali membuat karyawan lupa untuk berolahraga. Sementara sedentary lifestyle atau gaya hidup tidak aktif dapat meningkatkan risiko berbahaya seperti, depresi, kecemasan, bahkan kematian.

    “Oleh karena itu dianjurkan secara rutin untuk berolahraga. Olahraga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tetapi juga produktivitas dan mood para pekerja. Banyak orang sulit mencari waktu untuk berolahraga di sela-sela pekerjaan dan kehidupan sosial. Dengan diadakannya kegiatan BuRGer ini, diharapkan karyawan dapat berolahraga secara rutin untuk meningkatkan kesehatan agar senantiasa sehat, bugar, produktif,” ungkap Kintan.

    Karyawan Dahana baik di Subang dan Jakarta turut menyambut baik BuRGer, Ketua Youth ExploSive (YES) Dahana, Adella Acqha Vico Addina melihat kegiatan ini sangat menarik, karena selain menyehatkan juga dapat mempererat silaturahmi antar karyawan, bahkan di kegiatan BuRGer karyawan dapat berbincang-bincang dengan seluruh insan Dahana dari level manajemen hingga BoD.

    “Bagi kami generasi muda Dahana, kegiatan BuRGer ini dapat menjaga kesehatan dan kebugaran kami yang semoga turut berdampak untuk tubuh kami di masa yang akan datang, tidak mudah sakit dan senantiasa produktif. Kami juga berharap teman-teman generasi muda DAHANA lainnya turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini,” ujar Adella.

    Sementara itu, Edberg Bobby yang ditunjuk sebagai PIC BuRGer Kantor Jakarta mengatakan kegiatan BuRGer memiliki banyak manfaat, mengingat bahwa mayoritas pekerja kantoran saat ini khususnya karyawan Dahana sulit untuk beraktivitas fisik dikarenakan waktu yang terbatas, faktor pekerjaan yang melelahkan dan lainnya.

    Melalui program BuRGer ini, menurut Bobby menjadi salah satu kegiatan pendorong karyawan untuk mau menjaga pola hidup sehat dengan cara bergerak dan melatih fisik karyawan Dahana. Ia juga berharap olahraga melalui kegiatan ini nantinya akan menjadi gaya hidup bagi karyawan.

    “Saran kami kedepannya, kegiatan-kegiatan seperti ini dapat diperbanyak variasinya dan dijadikan rutinitas, juga perlu pemberian edukasi agar animo karyawan lebih besar dalam mengikuti kegiatan-kegiatan seperti ini,” pungkas Bobby. (Rls/Redal)***

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles