23.4 C
Indonesia
More

    Ponpes Darussalam Kasomalang Kembali Gelar KMD

    GUGUS Depan Pramuka Pondok Pesantren Darussalam, Kasomalang dipenghujung tahu 2022 kembali melaksanakan kursus mahir dasar (KMD, Jumat(23/12/2022). KMD yang dibuka resmi Ketua Pusdiklatda Pramuka Jawa Barat, H. Awaludin Hamzah, M.Pd akan berlangsung hingga 28 Desember mendatang.

    Menurut Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam, KH Maman Tohaman M.Ag kalau KMD tahun2022 ini diikuti oleh 136 peserta terdiri dari peserta putera 51 dan puteri 83 orang. ” Kita rutinkan setiap tahun karena ingin mempersiapkan calon pembina Pramuka yang berkualitas dan berkarakter,” kata Maman.

    Sebab dalam kepramukaan memiliki Pola dan Mekanisme Pembinaan yang terarah dan terukur dalam pembentukan karakter peserta didik. Maka dari itu para calon Pembina Pramuka yang telah mengikuti Diklat Kepramukaan di Pondok Pesantren Darussalam harus mampu mencetak kader-kader Pramuka yang berkualitas dan berkarakter.

    Dihadapan para peserta KH Maman untuk disiplin mengikuti jadual yang telah ditentukan oleh tim pelatih Kwarcab. Pramuka Subang dengan cara mendengar apa yang diajarkan, melihat apa yang dipraktekan, dan melakukan apa yang diberikan.

    “Dengan bekal pendidikan yang banyak menekankan pada nilai-nilai pancasila dan kebangsaan, Kepramukaan dilingkungan Pesantren menjadi suatu wadah untuk mengajarkan nilai-nilai nasionalisme” pungkasnya.

    Ketua Pusdiklatda Jawa Barat H. Awaludin Hamzah, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan kalau KMD menjadi salah satu tolak ukur penilaian Kwarcab tergiat, selain itu juga dapat meningkatkan wawasan kepramukaan bagi para calon pembina yang akan membaktikan dirinya di Gugus Depan.

    “Dengan banyaknya kegiatan pendidikan dan pelatihan kepramukaan, kita dorong bersama Kwarcab Subang menjadi Kwarcab tergiat di Kwartir Daerah Jawa Barat untuk bagian wilayah 2,” ungkapnya.

    Sahlim

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles