25.4 C
Indonesia
More

    Pamanukan Scout Rescue Siap Hadapi Bencana Pantura

    WILAYAH pesisir pantai Utara (Pantura) yang kerap terjadi bencana alam, terutama banjir diperlukan peran serta berbagai elemen. Salah satunya yang selalu siap menghapi dan berpartisipasi setiap bencana itu, Pamanukan Scout Rescue. Mereka merupakan unit kerja dari Kwartir Ranting Pramuka Pamanukan.

    Untuk lebih menambah kekuatan, Minggu (25/12/2022) dikukuhkan anggota barunya, setelah sebelumnya dilakukan pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar). “Beberapa hari lalu kita mengadakan Diklatsar dan pada hari kemarin telah dikukuhkan anggota baru oleh Wakabid. Urusan Bina Muda,” kata Ketua Pamanukan Scout Rescue, Agung.

    Ketua Kwarcab Subang yang diwakili Wakabinamuda, Pedro K Wijaya, SE.,M.Si. mengatakan, kalau pihaknya selalu mendukung setiap kegiatan yang dilakukan kaum milenial salah satunya oleh unit kerja Kwartir Pamanukan. Sebab, pendidikan kepramukaan menggunakan pola tri bina, bina diri bina satuan dan bina masyarakat.

    Pola tersebut merupakan salahsatu implementasi dari bina masyarakat adalah peran serta Gerakan Pramuka dalam penanggulangan bencana guna membantu meringankan tim ahli dalam menjalankan tugasnya.

    “Pramuka selalu hadir dalam aksi sosial atau aksi kemasyarakatan dilingkungan Kwarcab Subang, pendidikan dan latihan serta pengukuhan anggota baru di Ranting Pamanukan diselenggarakan untuk melatih anggota Pramuka dalam mengantisipasi terjadinya bencana khsususnya di Kabupaten Subang wilayah utara,”ungkapnya.

    Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang peserta, adapun yang dikukuhkan sebanyak 15 orang dari perwakilan Gugus Depan yang tersebar diwilayah Subang bagian utara.

    Pedro juga berharap “setalah dikukuhkan menjadi anggota Pramuka Peduli Kwarcab Subang Ranting Pamanukan atau yang biasa dikenal Pamanukan Scout Rescue, seluruh anggota mampu menjadi relawan Pramuka yang tangguh, ikhlas bakti demi bangsa dan negara.” pungkasnya.

    Andalan Cabang Urusan Abdi Masyarakat dan Penanggulangan Bencana Irwan Nurhidayat, S.Pd. juga berpesan “melalui Pramuka Peduli Kwarcab Subang atau biasa disebut SSR (Subang Scout Rescue), Kwarcab Subang dapat mengambil peran dan hadir secara nyata dalam upaya pengabdian terhadap masyarakat, baik dalam bentuk moril maupun materil” tegasnya.

    Salahsatu peserta juga mengatakan “saya berterimakasih sekali kepada jajaran pengurus Kwarcab Subang yang telah berperan serta hadir dalam kegiatan ini, semoga ilmu yang diberikan dapat bermanfaat dan berguna bukan hanya bagi peserta tapi juga untuk masyarakat.” Ujar bayu (salahsatu peserta Diklatsar).

    Kejadian bencana di Kabupaten Subang bagian utara kerap kali terjadi dalam setiap tahunnya, terutama banjir. Sehingga keberadaan Pramuka Peduli sangatlah penting untuk membantu para petugas dalam penanggulangan musibah banjir.

    Sahlim

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles