29.4 C
Indonesia
More

    Milangkala ke-43 Jalancagak Pj. Bupati Subang :  Campernik Jangan Jadi Slogam

    Jalancagak, Galagala.Id,- Penjabat (Pj) Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd menghadiri sekaligus membuka Puncak Peringatan Milangkala ka-43 Kecamatan Jalancagak. Rabu, 28 Februari 2024.

    Milangkala Kecamatan Jalancagak sendiri diperingati setiap tahun pada tanggal 16 Februari dan diisi dengan berbagai acara seperti Bazzar makanan, Penampilan seni budaya serta kegiatan lainnya.

    Menyambut kehadiran Pj. Bupati Subang pada Milangkala ke-43 Kecamatan Jalancagak, Pj. Bupati Subang Dr. Imran diajak untuk menaiki salah satu seni budaya Kabupaten Subang yakni Sisingaan. Dr. Imran pun terlihat menikmati kesenian tersebut dengan ikut menari diatas sisingaan.

    Selanjutnya, membuka Milangkala ke-43 Kecamatan Jalancagak, dilaksanakan penyerahan Bendera Pataka dari Para Kepala Desa Se-kecamatan Jalancagak yang diserahkan kepada Pj. Bupati Subang, dan dari Pj. Bupati Subang kepada Camat Jalancagak.

    Camat Jalancagak Aris Ristian, ST., M.Si dalam laporannya menyampaikan tema Milangkala ke-43 Kecamatan Jalancagak adalah “Jalancagak kiwari lebih berwarna”, dimana arti ‘berwarna’ sendiri adalah Berkembang dan Mempesona.
    “ke depan kita harus berkembang, menjaga dan merealisasikan Campernik, supaya lebih mempesona, indah dilihat dan nyaman dinikmati.”

    Tokoh Masyarakat Jalancagak yang juga inisiator ‘Campernik’ moto Kecamatan Jalancagak, H. Aseng Junaedi,  menyampaikan bahwa moto Campernik adalah milik masyarakat. Dirinya juga menjelaskan arti dari Campernik yang merupakan akronim dari C cageur, A aman, M merenah, P Perceka, E endah, R resik, N nyantri, I iman, dan K kayungyung.

    Sementara itu, Pj. Bupati Subang Dr. Imran dalam sambutannya mengharapkan kegiatan yang kini dilaksanakan menjadi salah satu event yang menjadi daya tarik bagi Kabupaten Subang. Dirinya menyampaikan bahwa di umur ke-43, Kecamatan Jalancagak harus menjadi kecamatan yang dewasa dalam menghadapi berbagai macam tantangan, termasuk juga bermacam isu yang ada sekarang ini.

    “Terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Jalan cagak yang telah menjaga kondusifitas selama penyelenggaraan pemilu ini Terima kasih yang sebesar-besarnya.”

    Pj. Bupati Subang juga mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan, dan dengan terselenggaranya kegiatan tersebut menunjukkan bahwa Warga Kecamatan Jalancagak merupakan masyarakat yang solid dan kompak.
    “Warga Jalancagak cukup kompak, cukup ikhlas dan sangat solid untuk menyelenggarakan kegiatan ini.”

    Selanjutnya, Pj. Bupati juga mengajak seluruh masyarakat untuk dapat memajukan produk produk unggulan yang ada di Kabupaten Subang, seperti Nanas, Durian maupun Kopi sehingga dapat dikenal lebih luas serta kualitasnya dapat ditingkatkan.
    “Ayo bareng-bareng kita promosikan hasil produksi yang ada di Jalancagak ini, sehingga dikenal oleh beragam masyarakat, tidak hanya oleh masyarakat Subang, mungkin juga seluruh masyarakat Jawa Barat dan wisatawan yang ada yang datang ke Kabupaten Subang.”

    Selain itu, Pj. Bupati Subang juga berharap terkait semboyan Campernik yang dimiliki Jalancagak, masyarakat mampu menerapkannya dan menjadi nilai dalam kehidupan bermasyarakat, tidak hanya sebagai slogam.

    Pada kegiatan tersebut, dilaksanakan pemotongan Kue yang dipotong oleh Pj. Bupati Subang dan diserahkan kepada Camat Jalancagak serta tokoh masyarakat Jalancagak. Selain itu, dilaksanakan pula penyerahan santunan anak yatim kepada 200 anak yatim, yang secara simbolis diberikan kepada 8 anak yatim yang bersumber dari para Donatur, As-syifa Peduli, Para kepala desa dan LSM.(Yop/Redal)***

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles