29.4 C
Indonesia
More

    Dahlan Iskan : Subang ke Depan Lebih Maju. Bupati pun Optimis

    MENTERI BUMN periode 2011-2014 Dahlan Iskan menyebut Subang akan lebih maju. Hal ini disampaikannya  setelah mendengar potensi dan rencana bisnis BUMD ke depan dalam acara Subang Investment Summit 2022 di Fave Hotel Subang, Rabu (7/12/2022).


    Menurutnya, orang-orang yang ada di balik rencana bisnis BUMD ke depan itu memiliki semangat yang penuh untuk maju. Dahlan mengapresiasi semangat para direksi BUMD di Subang.
    “Suatu daerah untuk bisa maju, yang memikirkan harus oleh orang daerah itu sendiri. Jangan ada perasaan bahwa nanti ada orang pusat yang memikirkan Subang, ada orang provinsi yang memikirkan Subang. Ya mereka memikirkan Subang, tapi tidak sepenuhnya memikirkan Subang ini harus bagaimana,” ungkapnya saat menjadi Keynote Speaker dalam Subang Investmen Summit mengenai Empowering BUMD: Reinviting Regional Innovation.


    Menurutnya, BUMD harus bisa membuktikan agar bisa dipercaya oleh swasta sehingga bisa berkolaborasi. Dia juga berpesan agar BUMD tidak ‘membunuh’ swasta. Artinya perusahaan daerah tidak mengambil seluruh bisnis yang bisa dikerjakan oleh swasta.


    Bahkan Dahlan menyarankan agar BUMD di Subang bisa go public, masuk ke pasar modal. Dengan masuknya ke pasar modal, maka BUMD tidak akan dikecam bahwa perusahaan daerah ‘memakan’ ekonomi swasta.
    Dengan BUMD masuk ke pasar modal, kata dia, juga akan mengurangi intervensi politik. Memang intervensi politik tidak bisa dihindari, tapi tetap bisa dikurangi.


    Dahlan Iskan menyebut, setelah melihat pemaparan mengenai potensi dan rencana bisnis BUMD, maka tiga tahun ke depan BUMD di Subang sudah bisa go publik.
    Dalam kesempatan itu, Dahlan Iskan menyampaikan, Subang akan menyerupai Kota Ningbo di China. Meskipun tidak terlalu jauh dengan Sanghai, Kota Ningbo bisa berkembang dan tidak terhambat oleh kebesaran Sanghai.
    “Saya anggap Sanghai itu Tanjungpriok dan Jakartanya, Subang lah yang jadi Ningbo-nya,” ujarnya dan adanya Tol Cipali dan Pelabuhan Patimban, Subang ke depan akan berkembang menyerupai Kota Ningbo di China.

    Optimis Investasi Meningkat

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles