23.4 C
Indonesia
More

    Sambut Idul Adha, Pedagang Siapkan Ratusan Ekor Hewan Kurban

    KETERANGAN GAMBAR. Pekerja setiap hari memandikan sapi stok dagang hewan kurban. (Asep AS)


    INDRAMAYU, GalaGala.id  – Idul Adha atau lazim disebut Hari Raya kurban,  sebentar lagi  tiba. Hari itu di Indramayu disambut hangat para pedagang hewan kurban.

    Pedagang menjual hewan kurban seperti sapi,  kambing atau domba dalam hitungan per ekor, bukan per kilogram.

    Dengan begitu,  pedagang menentukan sendiri rentang harga hewan kurban yang dijual, tentunya dengan harga bervariasi.

    Dasar perhitungannya cukup sederhana.  Ditentukan dari hasil pandangan mata mereka.  Kemudikan dilakukan penafsiran harga.

    Sebagaimana pantauan galagala id dan dikonfirmasi terkait harga seekor sapi yang dijual di lapak salah seorang penjual hewan kurban, Minggu(2/6/2024) seperti dikatakan  Suma (57),  jika kondisi postur tubuh  sapi tergolong sedang, dijual Rp 34 juta per ekor.

    Demikian pula diungkapkan Mas Kumis (43) yang merupakan pekerjanya. “Kalau yang badannya agak kecilan lagi, harganya bisa di bawahnya,” tuturnya.

    Di lapak Pak Suma tersedia sekitar 50 ekor sapi.  Semuanya sapi impor.  Tak ada seekorpun sapi lokal. Sedangkan puluhan ekor kambing semuanya jenis lokal.

    “Baik sapi maupun kambing seluruhnya berjenis kelamin jantan. Sebab ini merupakan syarat hewan kurban,” tuturnya.

    Dikatakan puluhan ekor kambing dan sebagian sapi ditempatkan di kandang belakang. “Khusus sapi-sapi yang di kandang belakang,  sebagian sudah ada pemiliknya.  Sengaja dititipkan di sini, dipisah dengan yang belum ada pemiliknya, ” katanya.

    Setelah pembeli membayar lunas,  sapinya tidak langsung dibawa pulang. Tapi dititipkan di sini.  Menunggu waktu hari penyembelihan, imbuh Mang Kumis.

    Ditanya apakah sapi yang jumlahnya relatif banyak,  sekitar 50 ekor dan puluhan ekor kambing itu terjual seluruhnya, kata Mang Kumis, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya,  stok hewan kurban itu,  terutama kambing ludes terjual.

    “Mudah mudahan semua dagangan hewan kurban milik majikan saya terjual semuanya,” katanya.

    Ia menambahkan, lapak dagangan hewan kurban tempatnya bekerja,  selain menerima titipan hewan kurban yang sudah dibeli, juga menerima jasa penyembelihan sapi atau kambing. (Asep AS/Redal)***

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles