25.4 C
Indonesia
More

    Ini Jenis Peledak Langganan Ekspor Dahana ….

    SUBANG, Galagala.Id,- Baru-baru ini PT Dahana telah mengekspor kembali bahan peledak jenis cartridge emulsion ke Australia. Sebanyak 250 Ton bahan peledak produk Dahana dikirim untuk memasok kebutuhan operasi pertambangan di Negeri Kanguru tersebut. Bahan peledak  cartridge emulsion ini sendiri merupakan salah satu bahan peledak andalan Dahana di sektor pertambangan baik kuari, konstruksi, maupun pertambangan batu bara dan mineral.

    Pada proses peledakan di industri pertambangan, terutama untuk tambang emas dan batubara, Perusahaan pertambangan sering menggunakan bahan peledak jenis emulsi, karena kemampuan ledak, keamanan, serta hasil peledakannya yang baik. Sebagai perusahaan kiblat bahan peledak Indonesia, PT Dahana memproduksi dua jenis bahan peledak jenis emulsi, yaitu Cartridge Emulsion (Dayagel Extra) dan Bulk Emulsion (Dabex).

    Cartridge Emulsion Dahana  atau biasa disebut Dayagel Extra merupakan bahan peledak berkekuatan tinggi dan peka terhadap detonator serta tahan terhadap air. Selain pada pertambangan, bahan peledak emulsi kemasan ini juga sangat berguna digunakan pada operasi kuari, hingga operasi peledakan bawah tanah (underground blasting).

    GM Divisi Tambang Umum 2 PT Dahana, Abdul Haris Atbaro menyampaikan, Dayagel Extra merupakan salah satu produk Dahana yang berperan penting di industri bahan peledak, dan telah dipercaya oleh banyak konsumen di berbagai site se-antero Indonesia hingga menjadi pilihan ekspor ke pertambangan Australia.

    “Produk ini memiliki kepercayaan tinggi para pebisnis tambang, harganya yang bersaing serta kemampuannya yang teruji, membuat Cartridge Emulsion produksi Energetic Material Center Dahana mampu bersaing bahkan menjadi pilihan ekspor ke berbagai pertambangan Australia,” ujar Haris di Jakarta (12/06/2024).

    Dayagel Extra merupakan bahan peledak primer yg diaplikasikan pada berbagai jenis peledakan. Para Engineer Energetic Material Center Dahana merekayasa produk ini dengan berbagai keunggulan. Produk ini juga dikemas dengan baik dan beragam varian dan ukuran, sehingga memiliki tingkat keamanan yang tinggi, dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan peledakan.

    Selain itu, produk ini dapat digunakan pada kedalaman dan diameter lubang tembak beragam, baik pada lubang tembak kering maupun basah. Secara umum, Cartridge Emulsion sangat baik digunakan dengan detonator No. 8, atau dengan sumbu ledak 10 g/m atau lebih tinggi.

    Dayagel Extra juga dibekali dengan fitur keselamatan yang tinggi, yaitu kemampuannya untuk tidak sensitif terhadap benturan mekanik. Hal ini merupakan hal sangat penting, sehingga dapat meminimalisir kerugian baik kesehatan dan keselamatan kerja, maupun menghindari peledakan yang tak diinginkan.

    “Cartridge Emulsion ini juga menjadi andalan dalam berbagai operasi penting yang dimiliki oleh Dahana, seperti pembangunan terowongan Kereta Cepat Jakarta Bandung, dan berbagai Proyek Strategis Nasional lainnya. Selain itu, pertambangan Australia juga telah menggunakan ribuan ton Cartridge Emulsion Dahana, terhitung sejak pertama pengiriman,” pungkas Haris.(Rls/Redal)***

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles