29.4 C
Indonesia
More

    Bawaslu Jabar Ajak Anggota Pramuka Ikut Awasi Pemilu 2024

    Kiarapayung, Galagala.Id,-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Barat bekerjasama dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat sukses menyelenggarakan acara sosialisasi pengawasan partisipatif bagi Saka Adhyasta Pemilu, umumnya peserta Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) Tingkat Jawa Barat Tahun 2023 di Buper Letjen Purn. DR. Mashudi, Kiarapayung, Sukasari, Kabupaten Sumedang, Sabtu (18/11/2023) kemarin.

    Betapa tidak, sosialisasi tersebut ditujukan untuk mempersiapkan seluruh anggota atau sahabat Pramuka melalui Pendidikan Politik mengenai Pemilu, khususnya dalam penggunaan media sosial yang sering digunakan oleh para Pemilih Pemula, terutama para anggota Saka Adhyasta Pemilu.

    Hal tersebut merupakan upaya menekan kerawanan pemilu di setiap tahapan pemilu karena Saka Adhyasta juga berperan sebagai pemilih pemula dan bertugas untuk menyaring informasi di Media Sosial. Untuk selalu aktif berpartisipasi menjelang Pemilu 2024.

    Koordinator Divisi Pencegahan & Partisipasi Masyarakat, Ibu Nuryamah saat memberikan materinya berharap, dengan adanya sosialisasi ini peran aktif saka yang khususnya merupakan pemilih pemula meningkat dan turut menjadi bagian dari pengawas partisipatif komunitas digital “jarimu awasi pemilu” di dalam media sosial.

    Di akhir kegiatan yang diikuti seluruh peserta ini juga dilakukan Deklarasi Damai oleh Saka Adhyasta Pemilu, sebagai bentuk ikrar mewujudkan Demokrasi yang berintegritas.

    Diikuti 2.500 Peserta

    Sebagaimana diketahui, Peransaka Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat yang dibuka resmi oleh Plt Ketua Kwarda Jabar, Kak Dr H Deni Nurdyana Hadimin, M.Si., CFrA pada Jum’at, (17/11/2023) akan berlangsung hingga 21 Nopember 2023 dan diikuti oleh sebanyak 2500 anggota pramuka penegak dan pandega yang tergabung dalam Saka dan Sako di Jawa Barat.

    Plt Ketua Kwarda Jabar, Kak Deni Nurdyana menjelaskan bahwa Perkemahan Antar Saka Daerah Jabar dilaksanakan selama 5 tahun sekali. Sehingga peransaka merupakan sebuah momen yang ditunggu-tunggu oleh anggota Satuan Karya.

    “Untuk tahun ini bukan hanya Saka yang dilibatkan dalam kegiatan peransaka, akan tetap Kwarda Jabar juga mewadahi Satuan Komunitas (Sako) dan Gugus Darma,” ujar Kak Deni.

    Lebih lanjut, menurutnya Peransaka Jawa Barat merupakan kegiatan Peransaka terbesar di Indonesia lantaran diikuti oleh sebanyak 2500 peserta yang terdiri dari perwakilan Saka dan Kwarcab yang ada di Jabar.

    “Berbagai kegiatan digelar meliputi pengetahuan kesakaan, Budaya, Wawasan, Prestasi, Outdor Activity, Fun Sport, dan lainya. Kami berharap para peserta bisa mengikuti kegiatan dengan penuh semangat dan tanggung jawab. Kemudian harus riang gembira,” pungkasnya.

    (Redal)***

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles