29.4 C
Indonesia
More

    Polres Subang Miliki Lembur Tohaga Lodaya Di Palasari, Ciater, Subang

    SESUAI arahan dari Kepala Negara agar memanfaatkan lahan dengan tanaman pangan yang bisa dipanen, dan diolah sekaligus menjaga ketahanan pangan, Polres Subang kembali melakukan kegiatan ini dengan menanam ribuan pohon talas di Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Subang. Rabu (7/9/ 2022).

    Area lahan yang diberi nama Lembur Tohaga Losaya ini, secara simbolis dimulai dengan ditanaman talas oleh Kapolres Subang AKBP Sumarni, Dandim Letkol Inf Bambang Raditya, Kajari Subang, I Wayan Sumertayasa dan unsur lainnnya.

    Kapolres Subang AKBP Sumarni SH., MH. mengatakan, kegiatan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di kabupaten Subang. “Untuk semetara pohon talas, dan nanti juga kita akan menanam cabe rawit dan jagung. Semoga kegiatan ini bisa bermanpaat untuk menambah ketahanan pangan di kawasan kabupaten Subang, juga memotipasi warga masyarakat untuk mulai menanam dari lingkungannya masing masing, dari rumahnya, desanya masing masing atau memampaatkan lahan yang ada disekitarnya,” ujarnya.

    Alasan menanam talas, menurut Kapolres karena saat ini banyak konsumen yang membutuhkan tepung talas. Tentu hal ini perlu direspon dan didukung produknya sehingga dengan tanaman ini berharap nantinya bisa dilakukan ekspor ke luar negeri.

    Sementara kepala desa Palasari Nana Hidayat mengatakan, pihaknya menyambut baik program ketahanan pangan yang saya dengar prospeknya cukup cerah. Dengan pemanfaatan sekaligus memberdayakan tanah kosong PTPN, yang kebetulan dekat dengan pemukiman desa Palasari.

    “Yang saya ketahui penanaman jenis talas ada 2 jenis, jelis talas pertama yang kedua jenis talas toyimo, jenis pertama bisa dikonsumsi seperti talas biasa, kalau toyimo dikhususkan untuk bahan obat obatan,” ujar Nana.

    Pihak Desa pun berharap dengan program ini menjadi program unggulan untuk kedepannya. ” Mudah mudahan program ini bukan hanya ibu Kapolres saja yang bisa menginisiasi tetapi desa juga bisa menginisiasi warganaya tentang program ketahanan pangan,” pungkasnya.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles