29.4 C
Indonesia
More

    Kasus Pelecehan Seksual 2022 Meningkat 39 Kasus

    KAPOLRES Subang, AKBP Sumarni mengungkapkan kalau di wilayah hukum kerjanya, aksi pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur cukup meningkat. Terutama dari kalangan pelajar dan santri yang i menjadi korban kasus kekerasan dan pelecehan seksualnya.


    “Terpaksa saya harus menjelaskan masalah ini dihadapan Bapak Ibu sekalian karena hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama,”kata Kapolres saat menjadi Nara sumber pada kegiatan Ngopi (Ngobrol Pendidikan) di Aula Kemenag Jalan Mayjen Sutoyo, Subang, Kamis (22/9/2022).

    Diungkapkan kalau kasus tersebut selama 2022 sejak Januari – September ini sudah sebanyak 39 kasus pelecehan seksual. Baik terhadap laki-laki maupun perempuan, Jumlah inipun meningkat dari tahun 2021 yang hanya 21 kasus. katanya.

    Untuk itulah, pihaknya sering berkeliling masuk ke Ponpes dan sekolah yang ada di Wilayah Subang baik di Pantura, maupun di selatan dan tengah untuk tidak henti hentinya mengingatkan anak anak pelajar agar mereka berani menolak jika ada oknum oknum tertentu yang akan mencoba melakukan pelecehan seksual terhadap mereka dan segera melaporkan tindakan tersebut ke orang terdekat dengannya atau ke petugas Kepolisian.

    Kapolres juga menegaskan jika ada korban pelecehan seksual, segera tindak dan tidak didiamkan atau bahkan ditutup-tutupi. Karena akan menjadi predator seks dikemudian hari. Apalagi kebanyakan yang disidik dulunya mereka sebagai ‘korban’, selain juga ada faktor eksternal.

    “Itu sudah ada undang-undangnya, kalau ada laporan segera tindak lanjuti oleh bapa ibu sebagai pengajar di sekolah masing-masing, jangan didiamkan,” pungkasnya

    Sesuai dengan usulan yang disampaikan oleh salah satu Pimpinan Ponpes tadi. Kapolres akan memasang spanduk spanduk antisipasi pelecehan seksual dan kejahatan lainnya di lingkungan sekolah di setiap sekolah, madrasah dan Pondok Pesantren, saya berharap kami bisa terus bersinergi dengan Kepala Kemenag untuk terus mendorong dan berpartisipasi di dalamnya.

    Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Subang, Agus Sutisna menyampaikan kalau Ngopi kali ini dihadiri oleh sekitar 150 pengurus, pengajar, dan seluruh civitas academy keagamaan dari berbagai unsur.

    “Alhamdulilah kali ini narasumber kita, Ibu Kapolres Subang sudah hadir di tengah-tengah kita, ini merupakan upaya kita untuk mensinergikan program pendidikan, khususnya yang ada dinaungan Kementrian Agama Kabupaten Subang,” ungkap Kepala Kemtrian Agama Kabupaten Subang, Agus Sutisna.



    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles