29.4 C
Indonesia
More

    Di Lokasi TMMD Kodim 0605 Subang Ada 507 Bidang Tanah Belum Bersertifikat

    DESA Jalupang Kecamatan Kalijati, Subang yang menjadi pusat kegiatan TMMD ke 115 Kodim 0605 Subang ternyata memiliki luas administrasi 2.043 hektar dan kebanyakan tanah atau lahan milik negara. Dari luas itu yang sudah terukur oleh Kantor Agraria dan Tata Ruang /Badan Pertanahan Nasional (ATRBPN) baru 807 hektar dan yang terpetakan sebanyak 3.892 bidang.
    Kepala ATR/BPN Subang, Andi Kadandio Alepuddin, A.Ptnh.,M.Si., melalui kepala seksi survei dan pemetaan, Lili Muniri, S.SiT, M.H saat memberikan materi pada warga di Posko TMMD Kodim 0605 Subang, Selasa (18/10/2022) menjelaskan secara rinci kalau lahan yang terpetakan sebanyak 3.892 bidang itu, terdiri dari Hak Milik 3.352 bidang, Hak Pakai 27 bidang, Hak Wakaf 3 bidang, dan Hak Guna Bangunan 3 bidang.
    “Jadi masih ada lahan yang terukur belum bersertifikat sebanyak 507 bidang, “kata Lili Muniri sehingga warga terutama aparat desa bisa mendatakan secara manual dan mendaftarkan untuk persertifikatannya. Apalagi sekarang sudah bisa online atau secara digital, termasuk BPN pun sudah memiliki Aplikasi bernama Gerakan Cepat (Gercep) sebagai alat ukur bernama Limub Tech untuk wilayah desa dan kelurahan sebagaimana yang sudah dilakukan, “jelasnya.
    Pasiter Kodim 0605/Subang Letda Inf. Ganjar Adriana Bello mengungkapkan kalau penyluhan yang diberikan oleh pejabat ATR/BPN Subang merupakan  kegiatan non fisik TMMD. “Hari ini  TMMD Kodim Subang melaksanakan kegiatan non fisik yakni penyuluhan pertanahan. Adapun sebagai narasumber kami gandeng ATR/BPN Subang” katanya
    Lebih lanjut Letda Ganjar menyampaikan, penyuluhan ini dirasa sangat penting karena saat ini masih banyak warga yang belum memiliki sertifikat terhadap lahan yang dimilikinya.
    “Kita bersyukur banyak warga jadi paham dan mengerti betapa pentingnya memiliki lahan yang bersertifikat dan yang terpenting dengan penyuluhan ini diharapkan bisa membantu masyarakat bagaimana cara mengurus sertifikat,” pungkas Ganjar.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles