24.4 C
Indonesia
More

    BPBD Subang Sosialisasikan Hindari Bencana di TMMD Kodim 0605 Subang

    SEBAGAI dukungan terhadap TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang, gelar sosialisasi Gempa bumi dan juga tata cara evakuasi jika terjadai bencana alam Gempa Bumi di Desa Jalupang Kecamatan Kalijati Subang, di Aula Desa Jalupang, Rabu (19/10/2022).

    Sementara itu, Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Subang, Komara Nugraha mengatakan bahwa, Gempa Bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari bawah permukaan secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi atau lempeng bumi bahkan letusan gunung api.

    Tentunya gempa bumi juga bisa diartikan sebagai suatu peristiwa bergetarnya bumi akibat pelepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba yang ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi.

    “Peristiwa berguncangnya bumi tersebut tentunya
    disebabkan oleh tumbukan antar lempeng bumi, aktivitas
    sesar (patahan), aktivitas gunungapi, atau runtuhan batuan,” ujar Komara.

    Selanjutnya Komara juga menambahkan bahwa, jenis bencana ini bersifat merusak, dapat terjadi setiap saatdan berlangsung dalam waktu singkat. Gempa bumi dapat menghancurkan bangunan, jalan, jembatan, dan sebagainya dalam sekejap.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles