20.4 C
Indonesia
More

    Berbagai Bhakti Sosial Hiasi Hari Jadi ke 74 Yonif 312 Kala Hitam

    Hari ulang tahun (HUT) Batalyon Infanteri 312/Kala Hitam ke-74  yang jatuh pada 25 Agustus lalu, ternyata terus diisi dengan berbagai kegiatan bhakti sosial kesehatan dan karya nyata. Selasa (30/8/2022) bekerja sama dengan PMI Kabupaten Subang digelar donor darah yang diikuti oleh personel Yonif 312/KH Aula Yonif 312/KH Kelurahan Dangdeur,Subang.

    “Alhamdulillah kita bisa menyumbangkan labu darah sebanyak 50 dan semoga saja dapat membantu masyarakat yang membutuhkannya, “kata Dokter Yonif 312/KH, Letda Ckm dr. Gusti Legawa. Sebab dengan berdonor darah, dapat merangsang terjadinya proses peremajaan sel-sel darah.

    “Manfaat bagi si pendonor akan sangat baik bagi kesehatannya, karena hal ini dapat merangsang produksi sel-sel darah bagi tubuh si pendonor tersebut. Selain itu, kegiatan donor darah merupakan wujud nyata kepedulian sosial dan solidaritas segenap anggota Batalyon Infanteri 312/KH dalam membantu keluarga pasien yang kerap stok di bank darah kosong, “jelas dr. Gusti Legawa.

    Selain pelaksanaan donor darah, Yonif 312/KH juga melaksanakan kegiatan bhakti sosial kesehatan lainnya yaitu berupa USG dan IVA tes bagi ibu persit dan masyarakat sekitar. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Persit Ranting 4 Yonif 312/KH, dr. Henty Mulyati Agustina Sp.OG, bekerjasama dengan DP2KBP3A Kab. Subang dan Puskesmas Sukarahayu, sebagai bentuk kepedulian terhadap Kesehatan ibu hamil dan juga kesehatan alat reproduksi wanita.

    dr. Henty menyampaikan bahwa pemeriksaan USG sangat bermanfaat bagi ibu – ibu hamil dalam mengantisipasi kendala – kendala dalam kehamilan maupun sebelum dan pasca lahiran. Begitupun pengecekan organ vital kewanitaan melalui kegjatan IVA tes, sangat penting dan sangat bermanfaat bagi Ibu – Ibu dalam mengantisipasi terjadinya CA Cervix.

    Menurut Komandan Batalyon Infanteri 312/KH Mayor Inf Dede Hermawan, mengatakan bahwa kegiatan Donor Darah, USG dan IVA Tes ini, selain dalam rangka memperingati hari ulang tahun Batalyon juga sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan TNI kepada masyarakat. “Sebelumnya kita pun mengadakan kegiatan pengobatan dan sunatan massal kepada masyarakat daerah binaan. Pengobatan massal diadakan secara martahon selama 3 hari berturut – turut dengan sasasan 3 kampung yang berada di sekitaran lingkungan Mako Yonif 312. Tepatnya di Kp. Cibogo, Kp. Cicadas dan Kp. Wera, “kata Danyonif. 312 Kala Hitam.

    Salah satu anak yang sedang disunat pada sunatan massal yang diselenggarakan pada HUT Yonif 312/KH ke 74

    Sedangkan kegiatan Sunatan Massal dilaksanakan terpusat di dalam Ksatrian Mako Yonif 312, orang tua yang memiliki anak yang belum disunat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. “Kehadiran Satuan TNI AD dimana pun di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus selalu memberikan manfaat positif bagi masyarakat dan lingkungan selitarnya, “pungkasnya.

    Sementara kegiatan karya bhakti di hari Jumat (26/8/2022) di wilayah Kelurahan Dangdeur dengan diikuti sebanyak 838 Orang, meliputi personel Yonif 312, Polres Subang, Kodim 0605/Subang, Masyarakat setempat serta Pelajar SMK 2 Subang. Termasuk pada besok harinya latihan menembak dengan mitra dari Polres Subang dan Media Massa.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Related articles

    Recent articles